Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:11 WIB | Kamis, 10 November 2016

Hollande: Trump Membuka Ketidakpastian

Presiden Prancis, Francois Hollande. (Foto: Ist)

PARIS,SATUHARAPAN.COM - Presiden Prancis, Francois Hollande, yang pernah mengatakan Donald Trump membuatnya ingin muntah, memperingatkan bahwa kemenangan calon dari Partai Republik dalam pemilu Amerika Serikat  itu "membuka masa ketidakpastian."

Dalam reaksi atas hasil pemilihan presiden AS, hari Rabu (9/11), Hollande menyampaikan ucapan selamat secara singkat untuk miliarder dari Partai Republik. Dia menekankan peran kunci Washington dalam urusan dunia.

Tapi pemimpin Prancis itu kemudian menulis surat kepada Trump, dan mengatakan dia sangat ingin "segera" memulai diskusi untuk sejumlah isu-isu kunci, menurut laporan AFP.

"Apa yang dipertaruhkan adalah perdamaian, perang melawan terorisme, situasi di Timur Tengah, hubungan ekonomi dan kelestarian planet ini," tulisnya.

"Pada semua bidang ini, saya ingin segera memulai diskusi dengan Anda dalam sorotan nilai-nilai dan kepentingan di mana kita berbagi," katanya.

"Kami harus menemukan jawaban yang memungkinkan kita untuk mengatasi rasa takut, tetapi juga untuk menghormati prinsip-prinsip yang mengikat kita: demokrasi, kebebasan, menghormati setiap individu," tulis Hollande.

Hollande yang menhadapi tantangan berat menjelang pemilihan presiden Prancis tahun depan, telah menjadi kritikus yang vokal terhadap Trump. Dia mengatakan kepada wartawan awal tahun ini bahwa ekses (calon presiden) Republikan ini "membuat Anda ingin muntah".

Trump telah menimbulkan kegusaran di Prancis setelah mengatakan tentang serangan di Paris tahun lalu yang menewaskan 130 orang tewas. Hal itu mungkin bisa dihindari jika undang-undang tentang senjata di negara lebih lunak.

Dia juga menyebut untuk tidak pergi ke zona "ganar" di Paris dan mengatakan orang-orang Prancis yang datang di Amerika Serikat bisa menghadapi pemeriksaan keamanan, karena kekhawatiran tentang ekstremis.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home