Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:26 WIB | Selasa, 31 Desember 2013

Hong Kong Umumkan Subtipe Baru Flu Burung

Iustrasi

HONG KONG, SATUHARAPAN.COM – Seorang pria lanjut usia terkena flu burung jenis ringan dalam kasus pertama dari jenisnya dalam empat tahun terakhir, kata pejabat Hong Kong, hari Senin (30/12).

“Kami saat ini sedang menyelidiki sebuah kasus flu A H9N2 pada manusia yang sudah dikonfirmasi, menginfeksi seorang pria berusia 86 tahun,” kata Leung Ting-hung, pengendali Centre for Health Protection (Pusat Perlindungan Kesehatan) di Hong Kong, kepada reporter.

H9N2 adalah sebuah subtipe flu burung yang sebagian besar menginfeksi bebek dan ayam, namun bisa juga menular pada manusia, menyebabkan gejala-gejala ringan. Di bawah undang-undang Hong Kong, kasus infeksi semacam itu harus dipublikasikan, menurut Leung.

Sejak 1999 Hong Kong melaporkan tujuh kasus serupa dengan laporan terakhir pada 2009, kata Leung.

Sang pasien, yang tinggal di kota Shenzhen, China selatan yang menjadi perbatasan Hong Kong, didiagnosis dengan penyakit tersebut setelah kembali dari Hong Kong pada hari Sabtu (28/12).

Saat ini dia dalam keadaan stabil dan dirawat di ruang isolasi. “Saat suhunya lebih dingin dalam beberapa pekan terakhir, kami memperkirakan mungkin ada banyak kasus flu burung yang terdeteksi,” kata Leung. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home