Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 09:20 WIB | Senin, 16 Februari 2015

HRW: Milisi pro-Pemerintah Irak Lakukan Kekerasan ke Warga

Milisi pro-Pemerintah Irak. (Foto: AFP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM – Pelanggaran yang dilakukan milisi yang bersekutu dengan pasukan keamanan Irak di daerah Sunni telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Lembaga Pemantau HAM Internasional (Human Rights Watch/HRW) mengabarkan Senin (15/2).

Warga terpaksa mengungsi dari rumah mereka, diculik, dan dalam beberapa kasus dieksekusi. Setidaknya 3.000 orang telah meninggalkan rumah mereka di wilayah Muqdadiyya provinsi Diyala sejak Juni 2014 dan, sejak Oktober, telah dicegah kembali. HRW melakukan investigasi atas dugaan yang lebih baru bahwa pasukan milisi dan pasukan Irak menewaskan 72 warga sipil di kota Barwana, juga di Muqdadiyya.

Warga mengatakan kepada HRW bahwa pasukan keamanan dan milisi sekutu mulai melakukan kekerasan warga di sekitar Muqdadiyya, area 80 kilometer timur laut Baghdad pada Juni, tak lama setelah kelompok ekstremis Negara Islam Irak dan Suriah (juga dikenal sebagai ISIS) mengambil alih Mosul, kota terbesar kedua Irak. Pelanggaran meningkat sekitar Oktober, saksi mata mengatakan, bulan setelah Hayder al-Abadi jadi perdana menteri berjanji untuk mengendalikan milisi dan untuk mengakhiri sektarianisme yang menjadi siklus kekerasan di bawah pendahulunya.

“Warga sipil Irak sedang terpukul oleh ISIS dan kemudian oleh milisi pro-pemerintah di daerah-daerah yang mereka merebut dari ISIS,” kata Joe Stork, wakil Timur Tengah dan Afrika Utara direktur. “Pemerintah menanggapi orang-orang yang mereka anggap teroris dengan penangkapan sewenang-wenang dan eksekusi, warga tidak punya tempat berpaling untuk perlindungan.”

HRW berbicara kepada enam warga yang mengungsi dari desa-desa di dekat Muqdadiyya—wilayah yang sebagian besar pedesaan di tengah Diyala dengan penduduk yang beragam dari sekitar 300.000, termasuk Sunni dan Syiah Arab, Kurdi, dan Turkoman. Lima warga mengatakan kepada HRW bahwa mereka awalnya meninggalkan desa mereka pada Juni dan Juli, ketika milisi Asa'ib Ahl al-Haqq, pejuang relawan, dan pasukan khusus Irak menyerang.

Pada pertengahan Oktober, mendengar bahwa milisi telah meninggalkan daerah itu, warga mulai kembali ke rumah, hanya untuk menemukan bahwa milisi telah membakar banyak rumah. Segera setelah itu, anggota milisi yang kini menguasai daerah itu mulai melakukan penculikan warga kembali dan menembak secara acak di jalanan, di rumah-rumah, dan di udara dengan senjata otomatis. Warga menceritakan penculikan dan pembunuhan tiga orang oleh milisi.

Serangan di Muqdadiyya utara muncul untuk menjadi bagian dari kampanye milisi untuk menggantikan penduduk dari daerah Sunni dan dicampur-sekte setelah milisi dan pasukan keamanan diarahkan ISIS di daerah-daerah. Pada 29 Desember Hadi Al-Amiri, Badr Brigade komandan dan transportasi menteri di bawah pemerintahan sebelumnya Nuri al-Maliki, mengancam warga Muqdadiyya, mengatakan, “Hari penghakiman akan datang” dan “Kami akan menyerang daerah sampai ada yang kiri. Apakah pesan saya jelas? “

Pada Oktober, peneliti HRW mengamati milisi menduduki dan membakar rumah-rumah di kedekatan Amirli di provinsi Salah al-Din, setelah mundur dari pejuang ISIS. Pada 17 Desember, Wall Street Journal dan media lainnya melaporkan bahwa milisi yang melakukan penggusuran, penghilangan, dan pembunuhan di kawasan Baghdad setelah melakukan operasi militer terhadap ISIS. Pada Januari 2015, media melaporkan bahwa milisi telah menangkap ribuan orang di Samarra tanpa surat perintah dan mencegah mereka dari kembali ke rumah. Pada 26 Januari, milisi, relawan pejuang, dan pasukan keamanan dilaporkan menangkap 72 warga sipil dari rumah mereka di provinsi Barwana, Diyala, dan dieksekusi mereka. HRW saat ini sedang menyelidiki dugaan tersebut.

Pada 18 Desember 2014, Wall Street Journal menerbitkan op-ed Perdana Menteri al-Abadi di mana ia berjanji untuk “membawa ... semua kelompok bersenjata di bawah kontrol negara. Tidak ada kelompok bersenjata atau milisi akan bekerja di luar atau sejajar dengan Pasukan Keamanan Irak. “Selain memerintahkan penyelidikan publik atas pembunuhan di Barwana, al-Abadi juga memerintahkan penyelidikan atas tuduhan bahwa pasukan keamanan melakukan extra judicially menewaskan dua warga sipil Sunni di Anbar. Perdana menteri juga mengecam tindakan melawan hukum oleh milisi dan pasukan keamanan.

Bukti bahwa milisi melakukan operasi keamanan di Salah al-Din, provinsi Diyala, Baghdad, dan Babel berarti PM melanggar janji ini, kata HRW. Pada 1 Januari 2015, Abu Mehdi al-Muhandis, mantan pemimpin milisi Hizbullah Kita'ib yang sekarang memimpin Hashd al-Sha'abi (Front Populer), organisasi semi-pemerintah, memberikan konferensi pers. Di situ, ia menggambarkan dirinya sebagai komandan militer dan presiden “milisi Hashd al-Shaabi,” dan menyerang Arab Saudi dan Amerika Serikat, yang digambarkan sebagai sponsor dan pendukung ISIS. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun ada janji perdana menteri, milisi terus bertindak dengan kebebasan.

“Pemerintah Irak dan sekutu internasionalnya perlu memperhitungkan bencana milisi yang menghancurkan tempat-tempat seperti Muqdadiyya,” kata Stork. “Setiap respons yang efektif terhadap ISIS harus dimulai dengan melindungi nyawa warga sipil dan menahan orang-orang yang menyiksa mereka, terutama di daerah orang telah menderita dari pendudukan dan serangan ISIS.”

Kesaksian Korban

Seorang warga 70 tahun dari desa al-Bulour di Muqdadiyya, yang mengidentifikasi dirinya sebagai Um Mariam, mengatakan kepada HRW bahwa pada 8 Desember 2014, polisi Muqdadiyya mengambil anaknya, Karim, 33, dan Seif, 38, dari rumah mereka tanpa surat perintah penangkapan. “Mereka menyerbu ke dalam rumah dan meraih mereka,” katanya. Dua hari kemudian, kata Um Mariam, mereka membebaskannya.

Tetapi pada sekitar 15:30, 12 Desember, seperti yang diamati ibu mereka, saat hendak mendekati pos pemeriksaan al-Bulour untuk pulang ke rumah, enam pria bersenjata yang mengenakan pakaian dan topeng hitam menangkap Karim dan Seif. Orang-orang bersenjata mendorong Um Mariam dan mengancam akan menembak jika dia berteriak: “Aku mencium tangan mereka memohon mereka berhenti, dan mereka hanya menendang saya dari mereka,” katanya. Segera setelah itu, Um Mariam pergi untuk mengajukan keluhan dengan komandan kantor polisi, yang mengatakan polisi “tidak bisa berbuat apa-apa” tentang penculikan itu, katanya.

Saudaranya yang lain, Abu Yousif, mengatakan kepada HRW bahwa orang tak dikenal mengatakan kepadanya bahwa saudara-saudaranya mati: “Ayo mengambil anjing Anda,” kata mereka. “Kami menembak masing-masing sepuluh kali di dada dan melemparkan tubuh mereka.”

Um Mariam dan Abu Yousif kemudian melarikan diri ke Khanaqin, suatu daerah di Diyala utara di bawah kontrol milisi Kurdi Peshmerga dan milisi.

Seorang petani berusia 50-an dari al-Bulour yang mengidentifikasi dirinya sebagai Abu Seif mengatakan kepada HRW bahwa mulai pada 20 Juni, milisi dan relawan Front Populer mulai menyerang desa-desa al-Bulour, Matar, Aruba, Hurriyya , dan al-Sudur al-Harouniyya, yang dihuni 1.000 keluarga Sunni. Abu Seif mengatakan ia mengidentifikasi milisi karena di sisi kendaraan mereka tertulis “Perlawanan Islam Asa'ib Ahl al-Haqq.” Ia mengatakan ia melihat milisi dan relawan membakar setidaknya 50 rumah dan mengirim mortir api dan roket pada rumah pada Juni. Hal ini tidak diketahui apakah ada pejuang ISIS hadir di desa-desa pada saat itu. Dia mengatakan bahwa penculikan terhadap pria untuk dipaksa bertempur selama bulan-bulan berikutnya mendorong sebagian warga mengungsi.

Seperti banyak penduduk daerah pedesaan di Muqdadiyya Utara, Abu Seif kembali setelah tiga bulan ketika ia mendengar bahwa milisi telah meninggalkan daerah itu. “Tapi ketika Muharram datang,” katanya, mengacu pada bulan pertama dalam kalender Islam, sekitar Oktober, “milisi datang kembali kekuatan penuh.” Dalam al-Bulour, sebuah desa sekitar 200 keluarga, milisi yang disebut warga nama sektarian dan memaksa warga untuk terbang Syiah bendera dari rumah dan usaha mereka, katanya. “Mereka membuat kami merasa seperti tahanan di kota kita sendiri,” katanya.

Dia mengatakan kondisi memburuk pada bulan Desember. Pada pertengahan Desember, katanya, ia melihat milisi menculik buah dan sayuran dealer setempat. Mereka kemudian menuntut US$ 70.000 (Rp 892 juta) untuk pembebasannya, yang menurut Abu Seif oleh keluarga pria itu dibayar. Sehari kemudian, keluarga menemukan jenazahnya di sisi jalan.

Abu Ahmed, petani 32 tahun dari desa Dur al-Dhubat, juga pergi bersama istri dan anaknya 3 tahun pada bulan Juni. Ia kembali pada bulan Oktober setelah mendengar bahwa daerah itu aman lagi. “Ketika saya kembali, saya menemukan justru sebaliknya,” katanya kepada HRW.

Milisi menembak secara acak di udara dan meluncurkan roket ke Dur al-Dhubat, meneror orang. Keluarga mulai meninggalkan daerah lagi [pada pertengahan Desember] dan 90 persen keluarga telah mengungsi. Milisi membagikan selebaran peringatan warga bahwa mereka akan membunuh mereka jika mereka tidak pergi. Selebaran mengatakan, “Kalian harus pergi, Anda telah diperingatkan. Jika tidak melakukannya, Anda akan menggali kuburan di halaman belakang Anda dengan tangan Anda sendiri. “

Abu Ahmed mengatakan bahwa penduduk Hay al-Matar dan al-Dur mengatakan kepadanya milisi melakukan penculikan di daerah tersebut. Milisi, yang ia mengatakan ia diidentifikasi oleh pakaian hitam atau kamuflase dan lambang, melaju setiap hari melalui lingkungannya pada sepeda motor dan mobil “hanya untuk meneror kami,” katanya. “Saya tidak takut ISIS menembak kita,” katanya. “Aku takut milisi menculik dan membunuh kami.”

Seorang pria dari desa al-Azy yang mengidentifikasi dirinya sebagai Abu Yehia mengatakan kepada HRW dalam wawancara bahwa ia meninggalkan daerah itu pada akhir 2013 karena meningkatnya serangan pasukan milisi dan keamanan dan penangkapan massal. Dia mengatakan bahwa warga mengatakan bahwa mereka melihat milisi, pasukan khusus pemerintah, dan polisi federal dari divisi ke-5 membakar rumahnya pada 20 Juli, bersama dengan rumah 30 warga sipil lain di desanya. Dia mengatakan rumah sipil tidak sedang digunakan oleh ISIS ketika mereka diserang.

Dia kembali ke Muqdadiyya selama Muharram, pada Oktober, dan tinggal di al-Bulour. Tetapi pada 21:30 pada tanggal 18 Desember, katanya anggota milisi menculik seorang kerabat berumur 70 tahun, Ali Mohsen, dan Abu Yehia, ibunya, dan adiknya melihat kejadian itu. Para anggota milisi memperingatkan para wanita untuk tidak berteriak atau mereka akan membunuh mereka, katanya. Keesokan harinya, Abu Yehia mengatakan, keluarga menemukan jenazah Ali Mohsen di sepanjang sisi jalan raya terkemuka dari Baghdad ke Khanaqin.

Abu Qandil, penduduk 58 tahun dari desa Shok al-Rim, di mana 300 keluarga tinggal, mengatakan bahwa milisi mulai menyerang wilayah Sunni di distrik Muqdadiyya pada bulan Juni, mengalahkan desa sipil dan membakar atau meledakkan rumah mereka, khususnya di desa Imam Taleb dan al-Farouq. Ketika warga kembali pada bulan November, mereka menemukan bahwa milisi masih diduduki desa, kata Abu Harits. Milisi menuduh warga mendukung ISIS dan “mengatakan bahwa mereka akan membunuh kita karena kita Sunni,” katanya, “Orang-orang di daerah tersebut takut ditembak oleh milisi.” Dia mengatakan bahwa para anggota milisi masih membakar rumah-rumah di desa lain, al-Wizan.

HRW berbicara kepada para korban dan saksi dari Muqdadiyya, yang sebagian besar telah meninggalkan rumah mereka, melalui telepon antara 8 Januari dan 15 Januari 2015. HRW menjelaskan kepada narasumber potensial bagaimana kisah mereka akan digunakan, dan semua setuju setelah meminta anonimitas untuk alasan keamanan. Semua nama yang digunakan adalah nama samaran. (hrw.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home