Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:26 WIB | Minggu, 26 Juli 2015

ICW: Komisioner Baru KPK Jangan Gentar Hadapi DPR

Ilustrasi : KPK . (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Indonesia Corruption Watch (ICW) berharap pemimpin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru tidak gentar menghadapi kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan kalangan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) atau aparat penegak hukum lain.

“Pemimpin KPK baru ketika menghadapi kasus tindak pidana korupsi yang melibatkan kalangan DPR atau aparat penegak hukum maka tidak ada rasa gentar dalam penanganannya,” kata Koordinator Divisi Investigasi ICW, Febri Hendri, di Jakarta, Minggu (26/7)..

Oleh karena itu, dia melanjutkan, selain penuh terobosan dalam upaya memberantas tindak pidana korupsi di Indonesia, sosok pemimpin KPK ke depan harus memiliki ketahanan lebih kuat dalam menghadapi konflik yang kemungkinan terjadi

"Calon pemimpin KPK harus punya terobosan. Sulit jika seorang pimpinan hanya pribadi yg biasa-biasa saja. Sehingga pemimpinnya pun harus orang yang berani dan punya terobosan dalam upaya pemberantasan korupsi,” ucap Febri.

"Kami punya kriteria tambahan. Pertama dia harus berani, lalu juga harus punya stamina dan ketahanan mental yang kuat," dia menambahkan.

Selanjutnya ialah terkait kesehatan calon pemimpin KPK, menurut dia hal tersebut juga tidak kalah penting karena apabila terjadi serangan balik oleh pihak lawan, maka tidak mengalami pelemahan mental juang.

Besok, Senin (27/7), Panitia Seleksi (Pansel) calon pemimpin KPK akan menyelenggarakan tes seleksi tahap ketiga berupa profile assessment, hingga Selasa (28/7), di Pusdiklat Kemenkes, Jalan Hang Jebat Raya Blok F3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Pada tes tersebut panitia akan menilai apakah calon pemimpin KPK tersebut cocok atau tidak dengan jabatan tersebut melalui pemetaan rekam jejak dengan bekerja sama dengan sejumlah institusi seperti KPK, Polri, BIN, Kejaksaan, Kementerian Keuangan dan masyarakat sipil. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home