Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:47 WIB | Jumat, 23 Oktober 2015

Ilmuan Temukan Spesies Baru Kura-kura di Galapagos

Spesies kura-kura yang diberi nama Chelonoidis donfaustoi memiliki tempurung yang lebih padat ketimbang spesies lainnya. (Foto: bbc.com)

GALAPAGOS, SATUHARAPAN.COM - Sejumlah ilmuwan menyatakan telah menemukan spesies kura-kura baru berukuran raksasa di Kepulauan Galapagos, Samudera Pasifik.

Pimpinan Tim peneliti, Gisella Caccione, pakar biologi dari Universitas Yale, Amerika Serikat, mengatakan spesies kura-kura yang diberi nama Chelonoidis donfaustoi memiliki tempurung yang lebih padat ketimbang spesies lainnya.

Terungkapnya spesies baru ini ialah berkat data genetika yang dipakai para ilmuwan guna meneliti sekitar 250 kura-kura di Pulau Santa Cruz, Kepulauan Galapagos.

Padahal, seperti disebutkan Kementerian Lingkungan Ekuador, sejak lama para ilmuwan meyakini bahwa dua populasi kura-kura di Pulau Santa Cruz merupakan spesies yang sama.

Spesies baru itu menambah jumlah spesies kura-kura di Kepulauan Galapagos menjadi 15, empat di antaranya telah punah. Umumnya hewan tersebut berbobot 250 kilogram dan hidup lebih dari 100 tahun.

Para ilmuwan dan pegiat lingkungan hidup berharap penemuan spesies baru itu akan membantu melindungi dan melestarikan kura-kura. Apalagi spesies Chelonoidis donfaustoi hanya berjumlah sekitar 250 ekor. (BBC)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home