Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 22:11 WIB | Rabu, 26 November 2014

Imam Nahrawi: Pemuda Harus Diprioritaskan dalam Pembangunan

Menpora, Imam Nahrawi (paling kanan) saat tiba di Bandara Binaka, Gunungsitoli, Kepulauan Nias. (Foto: Prasasta Widiadi).

BATU, SATUHARAPAN.COM – Pemuda harus menjadi prioritas dalam pembangunan nasional dan daerah.

"Kita akan berusaha untuk melakukan pembenahan agar anggaran bisa lebih banyak terserap untuk memfasilitasi kreativitas dan inovasi pemuda," kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi saat memimpin dialog pemuda dalam Rakerda DPD KNPI (Rapat Kerja Daerah Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia) Provinsi Jawa Timur, Selasa (25/11) malam di Hotel Kartika Wijaya, Kota Batu, Jawa Timur.

Menpora hadir dalam rapat tersebut didampingi Deputi I Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Yuni Poerwanti, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jatim Sugeng Triyono dan Walikota Batu Edy Rumpoko. Sementara para peserta dialog adalah ketua dan sekretaris OKP (Organisasi Kepemudaan) se Jatim serta ketua dan skretaris KNPI se Jatim dan pengurus DPD KNPI Jatim yang dipimpin ketuanya, Blegur Prijanggono.

“Untuk meningkatkan peran pemuda itu, menurut saya harus ada keseimbangan anggaran antara pemuda dan olahraga. Serta harus ada regulasi yang memberi ruang lebih luas kepada pemuda,” Imam menambahkan.

Menteri kelahiran Bangkalan (Madura) ini mencontohkan dana untuk generasi muda yang ada di kementerian lain lebih tepat kalau dialihkan ke Kemenpora.

Menpora berharap para pemuda di berbagai daerah tidak hanya diajak secara seremonial untuk upacara di kantor Gubernur, Pemda (Pemerintah Daerah), atau Wali Kota untuk perayaan Hari Pahlawan, Kebangkitan Nasional, atau Sumpah Pemuda tetapi juga dalam rapat kerja para Satuan Kerja Perangkat Daerah.

“Peran pemuda harus ditingkatkan, sehingga tidak ada lagi pemuda yang mengeluh, bagaimana mungkin pemuda bisa lebih berperan, ini memang masalah serius untuk dipikirkan dan dicarikan solusinya," kata Menpora.

Hal penting lain yang disampaikan Menpora dalam dialog ini adalah masalah narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang). Menpora mengkhawatirkan para pemuda dewasa ini terpengaruh banyak oleh narkoba.

"Saya berkomitmen, saya akan datang ke acara OKP kalau di situ ada kampanye anti narkoba dan tes urin,” kata politisi Partai Kebangkitan Bangsa ini.

Sebelumnya Walikota Batu Edy Rumpoko menegaskan bahwa para pemuda Indonesia harus memanfaatkan waktunya sebaik-baiknya. "Masa depan Indonesia akan tergantung dari bagaimana pemuda sekarang memanfaatkan waktunya. Apalagi untuk pemuda yang masuk ke OKP atau KNPI, mereka ini berada di tempat yang benar karena itu belajarlah terus menerus. Bagaimana sekarang ini pemuda belajar akan berpengaruh terhadap masa depan bangsa ini," kata Edy Rumpoko. (kemenpora.go.id).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home