Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 13:03 WIB | Rabu, 28 Agustus 2013

Imbas Ketidakpastian Global Meluas, IHSG dan Rupiah Melemah

Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Prof. Firmanzah Ph.D. (Foto: setkab.go.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Staf Khusus Presiden Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Prof. Firmanzah  Ph.D, mengemukakan, ekonomi Indonesia bersama dengan ekonomi dunia saat ini sedang berada dalam wilayah ketidakpastian global  (Uncertainty Teritory) yang semakin meluas dan kompleks.

“Rencana pemerintah Amerika Serikat (AS), Perancis dan Inggris dalam intervensi militer ke Suriah telah menciptakan gejolak baru di pasar keuangan dunia. Kekhawatiran ini memicu terganggunya pasokan minyak mentah dunia, dan mengakibatkan sejumlah saham industri dan perusahaan yang memiliki komponen biaya minyak dalam fungsi produksi akan mengalami lonjakan production-cost akibat kenaikan harga minyak mentah,” kata Firmanzah pada Rabu (28/8), di Jakarta.

Ada dua wilayah ketidakpastian global yang yang disebut Prof. Firmanzah yang sangat mempengaruhi gejolak ekonomi dunia, yaitu satu, dunia sedang menunggu kepastian tentang keputusan Bank Sentral AS (The Fed) untuk mengurangi stimulus moneter tahap ketiga atau Quantitative Easing tahap ketiga. Dan kedua, belum tuntas dalam menunggu ketidakpastian tentang keputusan Bank Sentral AS itu, dunia tiba-tiba mendapatkan tambahan wilayah ketidakpastian baru yaitu yang terkait dengan krisis di Suriah.

Akibat dua di atas itu, maka sejumlah indeks pasar saham global berjatuhan, pada Selasa (27/8) kemarin. “Tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Tokyo, AS, bursa-bursa saham Asia di Filipina, Korea Selatan, Malaysia, Thailand, termasuk Indonesia yang mengalami tekanan aksi jual,” kata Firmanzah menilai.

Menurut Firmanzah, bukan hanya indeks harga saham, tetapi nilai tukar mata uang juga terus mengalami tekanan di banyak negara, termasuk juga dollar Australia yang mengalami pelemahan cukup tajam.

Dua hari yang lalu, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dalam perdagangan pada Selasa (27/8) ditutup di level 3.967 atau terkoreksi turun 152,83 basis dibanding perdagangan hari sebelumnya. Sementara itu, pada penutupan Selasa (27/8) nilai kurs tengah Rupiah berdasarkan Bank Indonesia ditutup melemah pada level Rp 10.883 per dollar AS.

Diwaspadai dan Diantisipasi

Selanjutnya, Pakar bidang Ekonomi dan Pembangunan itu memastikan, dua tekanan global, yaitu rencana pengurangan stimulus moneter AS tahap III dan kekhawatiran atas intervensi militer AS dan Inggris ke Suriah,  akan terus di-monitor, dihitung, dan diwaspadai dampaknya terhadap ekonomi Indonesia.

“Selain itu juga akan terus dipersiapan kebijakan untuk menyelamatkan ekonomi Indonesia akibat dampak dari ketidakpastian yang semakin meluas ini,” kata Firmanzah. Sampai saat ini tercatat lebih dari 44 miliar dolar Amerika Serikat capital-outflow yang keluar dari negara berkembang dan emerging-markets. Tekanan eksternal ini dipastikan akan semakin meningkat akibat rencana intervensi-militer di Suriah dan resiko meningkatnya harga minyak mentah dunia.

Menurut Firmanzah,  Pemerintah, Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) terus memonitor dan mewaspadai perkembangan ekonomi dunia, dan menghitung formula kebijakan yang telah ada, apakah sudah memadai atau tidak.

Selain itu, arus masuk kembali modal di pasar keuangan di negara berkembang dan emerging-markets juga tidak seperti yang diharapkan dengan posisi wait and see investor global yang menunggu kepastian dari dua hal tersebut, yaitu rencana pengurungan stimulus moneter AS dan antisipasi dampak intervensi militer Inggris, Perancis dan AS di Suriah. (setkab.go.id)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home