Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 15:05 WIB | Selasa, 27 Januari 2015

IMF Bersedia Berunding dengan Pemerintah Baru Yunani

Alexis Tsipras (Foto: Alkis Konstantinidis/Reuters)

ATHENA, SATUHARAPAN.COM – Dana Moneter Internasional (IMF) pada Senin mengatakan pihaknya siap untuk melanjutkan dukungan keuangannya bagi Yunani, sehari setelah pemilu di sana dimenangkan oleh partai sayap kiri Syriza, yang mengutamakan antipenghematan.

“Kami siap terus mendukung Yunani, dan ingin berdiskusi dengan pemerintahan yang baru,” ungkap Direktur Pelaksana IMF Christine Lagarde dalam pernyataan singkat.

IMF telah menjadi mitra Uni Eropa dalam penyelamatan keuangan Yunani yang bernilai miliaran euro sejak 2010.

Partai oposisi Syriza, yang meraih kemenangan besar dalam pemilu pada Minggu, menentang program penghematan yang diterima Yunani sebagai ganti untuk dana talangan tersebut, dan berencana  menegosiasi ulang kesepakatan, termasuk kemungkinan negosiasi ulang utang negara.

Perdana Menteri Yunani yang baru-baru ini terpilih, Alexis Tsipras, akan memimpin koalisi setelah mengamankan 149 kursi dalam pemilu tersebut, kurang dua kursi dari mayoritas yang diperlukan dalam parlemen yang terdiri dari 300 kursi.

Prioritas utama Tsipras adalah memenuhi janjinya untuk menegosiasi ulang ketentuan dana talangan negara dari IMF-Uni Eropa sebesar 240 miliar euro (sekitar Rp3,37 kuadriliun) meski mendapat penentangan dari sekutu Yunani di Eropa.

Syriza berjanji untuk menaikkan gaji dan dana pensiun, menghentikan pemangkasan tenaga kerja dan membekukan privatisasi aset-aset negara, membalikkan reformasi utama yang dituntut oleh kreditur IMF dan Uni Eropa. (AFP/Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home