Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:11 WIB | Senin, 28 September 2015

India Berhasil Luncurkan Observatorium Antariksa Pertama

Astrosat dari India. (Foto: isro.gov.in)

BANGALORE, SATUHARAPAN.COM - India berhasil meluncurkan observatorium antariksa teleskop berteknologi tinggi pertamanya ke luar angkasa untuk mempelajari bintang pada hari Senin (28/9), saat New Delhi ingin selangkah lebih maju dalam program antariksa berbiaya murah di negaranya.

Sebuah roket yang membawa observatorium antariksa mini seberat 150 ton yang disebut Astrosat, bersama enam satelit asing, meluncur sesuai jadwal dari landasan kapal antariksa India di Sriharikota.

“Sekitar 20 menit setelah peluncuran sempurna pada puku 10.00 dari landasan wahana antariksa kami, roket itu sudah menempatkan Astrosat di orbit yang dimaksud,” kata direktur misi B. Jayakumar said di Sriharikota, sekitar 90 kilometer dari Chennai.

Peluncuran tersebut dilakukan satu tahun setelah India menjadi negara pertama di Asia yang berhasil meluncurkan misi ke Mars, mengalahkan Tiongkok.

Astrosat dari India ini menggunakan energi surya, mengamati alam semesta dengan teleskop yang menggunakan sinar-x, diperkirakan akan mengorbit 650 kilometer dari Bumi dan akan mengirimkan data serta mempelajari bagian-bagian alam semesta, termasuk lubang hitam dan bidang magnet bintang. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home