Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:20 WIB | Sabtu, 11 Desember 2021

India: Jenazah Jenderal Bipin Rawat Dikremasi

Perdana Menteri India, Narendra Modi, memberikan penghormatannya di depan peti mati jenazah Kepala Staf Pertahanan, Jenderal Bipin Rawat, dan 12 korban lainnya dalam upacara penghormatan di stasiun Angkatan Udara Palam di New Delhi pada 9 Desember 2021. (Foto: AFP/Prakash Singh)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-Peti mati kepala pertahanan India yang dibungkus bendera dibawa melalui jalan-jalan New Delhi dengan kereta meriam yang dibungkus dengan karangan bunga sebelum dia dikremasi pada hari Jumat (10/12).

Jenderal Bipin Rawat, 63 tahun, tewas bersama istri dan 11 personel militernya ketika helikopter mereka jatuh pada hari Rabu (8/12). Dia dan istrinya dikremasi bersama di atas tumpukan kayu yang sama, dengan 17 tembakan kehormatan saat putri mereka membakarnya.

Rawat adalah kepala staf pertahanan pertama India, posisi yang diciptakan untuknya, dan seorang perwira yang blak-blakan, terpolarisasi, dan populer, yang dianggap dekat dengan Perdana Menteri Narendra Modi.

India memberinya penghargaan militer penuh untuk pemakamannya, dengan kereta meriam yang membawa jenazahnya ditarik oleh kendaraan lapis baja dan dikawal oleh barisan personel keamanan.

Penduduk setempat berbaris di sepanjang rute sambil mengibarkan bendera India dan meneriakkan “Salam Ibu India” atau “Rawat akan tetap ada selama ada matahari dan bulan.”

Prosesi dan upacara itu disiarkan langsung oleh beberapa saluran televisi dengan pembawa berita yang menyebut Rawat “seorang prajurit sejati” menerima “penghormatan terakhir.”

Angkatan udara India, hari Jumat, mengatakan telah membuka penyelidikan tiga angkatan atas kecelakaan itu di dekat sebuah perguruan tinggi staf militer di negara bagian Tamil Nadu di selatan. Hanya ada satu yang selamat.

"Penyelidikan akan diselesaikan secepatnya dan fakta akan terungkap," tweet angkatan udara. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home