Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 09:26 WIB | Kamis, 18 April 2024

India Perkirakan Curah Hujan Monsun Tahun 2024 di Atas Rata-rata

Warga membawa barang-barangnya dengan becak melalui jalan yang terendam banjir akibat naiknya permukaan air sungai Yamuna usai hujan lebat di New Delhi, India, pada 12 Juli 2023. (Foto: dok. Reuters)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM-India mengatakan pada hari Senin (15/4) bahwa kemungkinan akan menerima curah hujan monsun di atas rata-rata pada tahun 2024, yang merupakan potensi peningkatan bagi negara yang sangat bergantung pada hujan musim panas untuk hasil pertaniannya.

Sumber kehidupan perekonomian India menghasilkan hampir 70 persen air hujan yang dibutuhkan untuk mengairi tanaman dan mengisi ulang waduk dan akuifer, dengan hampir setengah dari lahan pertaniannya, tanpa irigasi apa pun, bergantung pada hujan pada bulan Juni-September untuk menanam sejumlah tanaman.

Musim hujan, yang biasanya tiba di ujung selatan negara bagian Kerala sekitar tanggal 1 Juni dan surut pada pertengahan September, diperkirakan mencapai 106 persen dari rata-rata jangka panjang tahun ini, kata M. Ravichandran, sekretaris Kementerian Ilmu Pengetahuan Bumi.

India sangat membutuhkan hujan monsun yang baik karena curah hujan di bawah normal pada tahun 2023 menghabiskan tingkat reservoir dan mempengaruhi produksi pangan. Pemerintah meresponsnya dengan memberlakukan pembatasan ekspor gula, beras, bawang merah, dan gandum.

Melanjutkan ekspor bergantung pada seberapa cepat pemulihan produksi pada tahun 2024, yang tidak mungkin terjadi tanpa curah hujan yang baik.

“Perkiraan berdasarkan model dinamis dan statistik menunjukkan bahwa secara kuantitatif curah hujan musiman selama bulan Juni hingga September kemungkinan besar mencapai 106 persen dari rata-rata periode panjang,” kata Ravichandran dalam konferensi pers.

Departemen Meteorologi India (IMD) mendefinisikan curah hujan rata-rata atau normal antara 96 persen dan 104 persen dari rata-rata 50 tahun sebesar 87 cm (35 inci) untuk musim empat bulan.

Ketua IMD, Mrutyunjay Mohapatra, mengatakan El Niño melemah dan akan memasuki tahap netral pada saat musim hujan tiba. La Niña, yang meningkatkan curah hujan di India, kemudian akan terjadi pada bulan Agustus, tambahnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home