Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Bayu Probo 07:45 WIB | Jumat, 14 Maret 2014

India Tingkatkan Pencarian Pesawat MAS yang Hilang

Helikopter Raja Laut milik AL India. (Foto: wikipedia.org)

NEW DELHI, SATUHARAPAN.COM – India pada Kamis (13/3) meningkatkan pencariannya atas hilangnya pesawat Malaysian Airlines (MAS) berpenumpang 239 orang, dengan mengerahkan tiga kapal dan tiga pesawat ke Pulau Andaman dan Nicobar yang terpencil, ujar sumber angkatan laut.

Kementerian pertahanan memerintahkan pengerahan kapal dan pesawat untuk menyisir sebuah area di sebelah timur pulau Laut Andaman yang dekat dengan Myanmar dan Malaysia ketimbang India, kata seorang pejabat senior angkatan laut.

“India secara resmi bergabung dengan operasi pencarian pada sore ini terhadap hilangnya pesawat MAS dengan mengirim tiga kapal,” kata pejabat di New Delhi, sambil mengatakan bahwa India berkoordinasi dengan angkatan laut Malaysia.

Malaysia masih belum menemukan pesawat yang kehilangan kontak radar pada Sabtu, yang bertolak dari Kuala Lumpur ke Beijing, di tengah kebingungan dan pertentangan mengenai apa yang kemungkinan terjadi pada pesawat itu.

Pencarian terhadap pesawat itu saat ini mencakup kedua sisi semenanjung Malaysia, dengan area seluas hampir lebih dari 90.000 km persegi – sekitar ukuran Portugal – dan melibatkan angkatan laut serta angkatan udara dari berbagai negara.

Operasi India “dilakukan dari markas angkatan laut di New Delhi. Mengingat operasi pencarian maritim dan penyelamatan, pemerintah...meminta angkatan laut India untuk memimpin dan menggelar operasi tersebut,” ujar pejabat angkatan laut, sambil menambahkan bahwa dua pesawat Dornier dan satu pesawat pengintai maritim P-8I juga dikerahkan.

Dia mengatakan INS Saryu, INS Kumbhir dan ICG Kanaklata Barua diperkirakan akan mencapai zona pencarian sekitar 111 km zona bahari sebelah timur Campbell Bay, di salah satu pulau paling selatan tersebut, pada Kamis malam. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home