Loading...
SAINS
Penulis: Bayu Probo 08:34 WIB | Selasa, 11 Maret 2014

Pesawat Malaysia Airlines Hilang, China Tolak Teori Terorisme

Seseorang membuat patung pasir sebagai doa untuk keselamatan penumpang Malaysia Airlines. (Foto: AFP)

KUALA LUMPUR, SATUHARAPAN.COM – Hilangnya pesawat Malaysia Airlines memicu spekulasi di media sosial Cina bahwa separatis Uighur yang harus disalahkan. Pihak berwenang China dan Malaysia tidak menemukan bukti yang mendukung gagasan bahwa teroris berada di belakang hilangnya pesawat dengan nomor MH370 itu.

Di tengah semua rumor dan spekulasi seputar hilangnya pesawat MH370 menuju Beijing, saran bermuatan politis bahwa teroris  patut disalahkan membawa implikasi paling parah untuk China.

Pejabat Cina dan Malaysia menolak ide itu karena tidak ada bukti pendukung. Tapi, menyurutkan media sosial menunjuk jari pada separatis Uighur dari provinsi mayoritas Muslim Xinjiang. Pekan lalu, pemerintah Cina menyalahkan ekstremis Islam Uighur untuk serangan pisau di barat daya kota Kunming yang menewaskan 33 orang dan lebih dari 100 terluka. Namun, pemerintah belum menetapkan tersangka dari delapan orang yang ditahan.

“Saya takut kejadian itu dilakukan orang-orang Xinjiang,” satu dugaan tersebut diposting oleh @ChenLei pada platform media sosial Tencent. “Ini adalah waktu untuk menyelidiki Xinjiang dan membunuh orang-orang yang harus dibunuh.”Dari 239 penumpang naik pesawat, 154 orang Cina.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Qin Gang memperingatkan gosip itu pada Senin (10/3). “Penyelidikan insiden tersebut masih berlangsung. Hal ini terlalu dini untuk melompat ke kesimpulan,” katanya kepada wartawan. Dia mendesak masyarakat untuk “tetap tenang dan ... menghindari beredar informasi yang belum dikonfirmasi.”

Kepala Departemen Penerbangan Sipil Malaysia, Azharuddin Abdul Rahman, juga berhati-hati pada konferensi pers di Kuala Lumpur, Senin. “Untuk mengonfirmasi apa yang terjadi hari itu pesawat naas ini, kita perlu bukti kuat,” katanya. “Ini belum pernah terjadi sebelumnya pesawat hilang secara misterius ... yang membingungkan.”

Kemampuan Uighur

Penyelidikan hilangnya Flight MH370 “harus mencakup peneliti kontraterorisme,” kata Rohan Guneratna, pakar terorisme di Nanyang Technological University di Singapura, sejak diketahui dua penumpang di pesawat menggunakan paspor palsu.

Duta Besar China untuk Malaysia, Huang Huikang, mengatakan kepada reporter TV satelit Hong Kong bahwa pejabat Badan Intelijen Pusat AS terlibat dalam penyelidikan karena “spekulasi tentang pembajakan atau terorisme,” menurut sebuah posting di Sina Weibo—media sosial mirip Twitter—dari seorang reporter TV.

“Keamanan penerbangan telah dilanggar. ETIM adalah satu-satunya kelompok dengan kapasitas operasional dan niat untuk melakukan serangan seperti ini,” tambahnya, mengacu pada Gerakan Islam Turkestan Timur, kelompok Uighur bayangan..

Di Kuala Lumpur, Inspektur Jenderal Polisi, Tan Sri Khalid Abu Bakar mengatakan pada Senin malam bahwa salah satu dari dua penumpang yang membawa paspor palsu telah diidentifikasi dari kamera pengintai di bandara dan bahwa “dia tidak dari Xinjiang, China,” menurut The Star, sebuah surat kabar Malaysia. Ia menolak untuk mengungkapkan identitas pria itu atau kebangsaan, selain mengatakan bahwa ia bukan warga Malaysia.

Tidak ada organisasi Uighur yang pernah menunjukkan jenis kapasitas operasional yang diperlukan untuk menyelundupkan bahan peledak ke sebuah penerbangan internasional dan meledakkannya. Tiga Uighur dijatuhi hukuman mati pada 2012 dalam sidang tertutup karena diduga mencoba untuk menyerang kokpit sebuah pesawat domestik Cina dengan kruk tajam. Pada  2008 seorang perempuan Uighur dituduh membawa bensin ke pesawat dalam kaleng soda. Pihak berwenang Cina tidak pernah mempublikasikan secara terbuka bukti pendukung tuduhan.

Kehadiran dua penumpang yang membawa paspor palsu yang telah dicuri di Thailand tidak separah yang terlihat, menurut Xu Ke, seorang mantan pilot maskapai penerbangan yang kini mengajar di Akademi Kepolisian Zhejiang di Cina timur.

“Saya pikir itu sangat mungkin bahwa dua orang asing membawa paspor palsu adalah pendatang ilegal menuju ke Eropa,” katanya. Keduanya telah membeli tiket pada saat yang sama di Thailand untuk perjalanan satu arah dari Kuala Lumpur ke Amsterdam via Beijing. Salah satu penumpang yang membawa paspor asing kemudian memesan untuk terbang ke Kopenhagen, Denmark, dan yang lainnya ke Frankfurt, Jerman, menurut The Associated Press.

Lumrah Orang Menyelundup

Tidak jarang orang yang mau menyelundup ke Eropa melalui China. Pada Januari, enam imigran ilegal membawa paspor palsu, transit melalui Bandara Capital Beijing ke Eropa, terdeteksi dan ditahan, menurut laporan Legal Evening Post, harian Beijing diterbitkan Partai Komunis.

Xu juga ragu bahwa Boeing 777 meledak di udara, mengingat kurangnya puing-puing terlihat di laut dekat tempat di mana Malaysia pengendali lalu lintas udara kehilangan kontak dengan pesawat.

“Jika ada ledakan, puing-puing akan telah terdeteksi sekarang di wilayah yang luas, dengan asumsi bahwa tim pencarian dan penyelamatan sedang mencari di tempat yang tepat,” kata Xu. “Tapi tidak ada yang ditemukan. Saya pikir kemungkinan ledakan yang sedikit.”

Xu menunjukkan kesamaan antara tragedi jelas Sabtu dan hilangnya tiba-tiba—pada 2009— sebuah pesawat Air France di Atlantik, yang jatuh ke laut tanpa panggilan darurat bantuan dari pilot. Yang kemudian ditemukan menjadi hasil dari kegagalan mekanik dan kesalahan pilot, meskipun pesawat itu terbang melalui badai parah pada saat itu, sementara cuaca baik-baik saja ketika pesawat Malaysia Airlines turun dari radar.

“Kami tidak punya cukup bukti untuk menarik kesimpulan,” kata Xu. Tidak ada klaim yang kredibel atau tanggung jawab telah muncul, sejauh ini, untuk membawa pesawat Malaysia turun.

Sebuah e-mail yang ditandatangani oleh “The Leader of China Martyrs’ Brigade” menyatakan bahwa insiden itu adalah “tanggapan terhadap otoritas China atas  tindakan keras dan penganiayaan terhadap orang-orang Uighur” tampaknya tipuan. Bahkan Boxun, situs pengasingan China yang menerbitkan e-mail, menyangkal mengirim itu. (csmonitor.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home