Loading...
EKONOMI
Penulis: Kris Hidayat 19:37 WIB | Sabtu, 04 Januari 2014

Indonesia Raih Director Trophy Parade Bunga di Pasadena

Kendaraan hias Indonesia dengan tema -Wonderful Indonesia Paradise on Earth-. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Partisipan Indonesia yang diwakili Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berhasil meraih "Director`s Trophy" dalam penyelenggaraan parade bunga Tournament of Roses (TOR) di Pasadena, California, Amerika Serikat, 1 Januari 2014.

Siaran pers Kemeparekraf yang diterima Antara, Sabtu (4/1), menyebutkan bahwa penghargaan "Director`s Trophy" itu berhasil diraih karena dinilai mempertunjukkan keahlian artistik yang luar biasa dalam presentasi desain dan floral.

Dalam penyelenggaraan TOR 2014 yang ke-125 kali (dimulai tahun 1890) dengan mengangkat tema "Dream Come True", Indonesia menampilkan kendaraan hias (float) dengan mengangkat tema "Wonderful Indonesia Paradise on Earth". (Ant)

Tema tersebut menampilkan desain Komodo sebagai float utama serta didukung destinasi Derawan, Kalimantan Timur, sebagai float satelit beserta penampilan penari Kaltim.

Float Indonesia yang berukuran panjang 18,3 meter dan lebar 6,7 meter, menempati parade urutan ke-59 dari 90 peserta.

Penyelenggaraan TOR itu sendiri kali ini diikuti oleh berbagai instansi yang berasal dari seluruh negara bagian di Amerika Serikat dan beberapa negara di dunia.

Pada tahun 2012 dan 2013 secara berturut-turut, float Indonesia meraih "President`s Trophy", yaitu penghargaan tertinggi bagi peserta non komersial untuk kategori peserta dengan penggunaan bunga yang paling efektif dengan presentasi yang baik.

Delegasi Indonesia dalam TOR 2014 dipimpin Direktur Jenderal Pemasaran Pariwisata Kemenparekraf Esthy Reko Astuty, dengan melakukan serangkaian acara seperti pertunjukan budaya dan Indonesia gala dinner.

Esthy Reko Astuty mengatakan partisipasi Indonesia dalam acara TOR 2014 sangat penting untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di kawasan Amerika Serikat.

"Amerika Serikat dengan jumlah penduduk 313,8 juta merupakan pasar potensial dan sangat strategis dilakukan promosi pariwisata, karena kontribusinya terhadap kunjungan wisman ke tanah air cukup besar, dan dari tahun ke tahun meningkat," kata Esthy.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif memberikan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut menyiapkan dan menyukseskan keikutsertaan Indonesia pada TOR 2014, sehingga meraih penghargaan "Director`s Trophy".

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home