Loading...
EKONOMI
Penulis: Putu Ayu Bertyna Lova 09:39 WIB | Sabtu, 27 April 2013

Indonesia, Ranking 2 Dunia Pengonsumsi Mie Instan

Indonesia, Ranking 2 Dunia Pengonsumsi Mie Instan
mie instan yang belum dimasak (dok: zelenaplus)
Indonesia, Ranking 2 Dunia Pengonsumsi Mie Instan
salah satu varian mie instan goreng yang menjadi kegemaran di Indonesia ok: lapar)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Indonesia adalah negara pengonsumsi mie instan nomor dua di dunia. 'Predikat' ini didapatkan dari data negara dengan konsumen mie instan terbanyak yang dikeluarkan oleh Asosiasi Mie Instan Dunia (WINA) di Jepang.

Daftar ini menyebutkan, China yang berada di urutan pertama mengonsumsi 44 milyar bungkus mie instan setiap tahunnya. Sedangkan Indonesia yang berada di urutan ke-2 mengonsumsi 14,5 milyar bungkus mie instan setiap tahunnya. Jepang dan Vietnam menempati urutan ke-3 dan ke-4 dengan jumlah konsumsi sekitar lima milyar bungkus pertahunnya, seperti yang dilaporkan kantor berita BBC.

"Hasil ini memperlihatkan mie instan telah menjadi sajian standar global," kata Norio Sakurai dari WINA pada Jumat (26/4). Mie instan diciptakan oleh Momofuku Ando pada tahun 1958, yang kemudian mendirikan perusahaan Nissin dan memproduksi produk mie instan pertama di dunia Chicken Ramen atau mie dengan perisa daging ayam.

Indonesia mengenal mie instan pertama kali, diperkenalkan oleh PT Sanmaru Foods Manufacturing Indonesia Ltd  yang berdiri pada tahun 1968. Dua tahun kemudian tahun 1970, diluncurkanlah merek mie instan pertama di Indonesia, yaitu Indomie oleh perusahaan Indofood, yang hingga saat ini terus meraih angka penjualan tinggi dan terus melakukan inovasi lewat berbagai macam rasa dan jenis.

Editor : Wiwin Wirwidya Hendra


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home