Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 19:18 WIB | Selasa, 19 April 2016

Indonesia Tuan Rumah Standing Committee Meeting ICAPP ke-26

Anggota Standing Committee Internation Conference Of Asia Political Parties (ICAPP) Theo L Sambuaga keempat dari sebelah kanan di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Selasa (19/4). (Foto: Endang Saputra)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anggota Standing Committee International Conference Of Asian Political Parties (ICAPP) Theo L Sambuaga, mengatakan Indonesia akan menjadi tuan rumah Standing Commitee Meeting ICAPP ke-26.

Menurut Theo ICAPP adalah merupakan organisasi perhimpunan partai politik di Asia.

Theo menambahkan sampai saat ini pihaknya telah menerima konfirmasi kehadiran sebanyak 95 peserta, mewakili 48 partai yang berasal dari 32 negara dan diperkirakan masih akan bertambah.

"Beberapa peserta yang juga merupakan petinggi negara telah memastikan diri untuk hadir seperti Wakil Perdana Menteri Kamboja, Sok An, beberapa mantan presiden, mantan Perdana Menteri dari beberapa negara dan beberapa menteri serta anggota parlemen yang masih aktif. Kehadiran mereka tentunya akan memberikan kontribusi pemikiran yang positif dan konstruktif bagi perkembangan para partai politik dan demokrasi di Indonesia, Asia mapun dunia," kata Theo di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Selasa (19/4).

ICAPP berfungsi sebagai forum untuk mempromosikan pertukaran informasi dan pengalaman menumbuhkan rasa saling pengertian serta kerjasama antar partai politik dengan berbagai macam latar ideologi. Dari kegiatan itu diharapkan tercipta situasi damai yang berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan di kawasan Asia.

“ICAPP berdiri sejak September tahun 2000 di Manila, saat ini memiliki anggota sejumlah 370 partai politik mewakili 53 negara di Asia-Oceania, dari keanggotaan ICAPP tersebut di atas terpilihnya 34 anggota duduk sebgai Standing Committe dari 23 negara, adapun keanggotaan ICAPP sendiri bersifat terbuka bagi partai politik yang memiliki anggota parlemen dan berasal dari negara anggota PBB di Asia-Oceania,” kata dia.

Saat ini dari Indonesia, kata Theo, partai PDI Perjuangan bersama Partai Golkar duduk sebagai anggota Standing Committ. DAn di tahun 2016 ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah Standing Commitee Meeting ICAPP ke-26.

“Pertemuan ini merupakan wujud party to party relations yang menjadi istimewa karena sekaligus menjadi ajang pertemuan perdana trilateral antara ICAPP yang mewakili partai-partai politik se-Asia, CAPP (Council Of African Political Parties) sebagai perwakilan Afrika dan Copppal (Conferencia Permanente de Partodos Politicos de America Latin) memawakili Afrika latin.

Menurut dia perhelatan yang akan diselenggarakan tanggal 22-23 April 2016 ini mengambil tema ' The Role Of Political Parties in Enhancing Democracy for the Benefit of the People's Welfare'.

“Melalui tema ini partai politik Asia, Afrika, Amerika Latin bertekad memberikan bobot yang lebih besar bagi peran partai politik dalam meningkatkan demokrasi demi mewujudkan kesejahteraan rakyat, melalui kerjasama antar partai politik baik di tingkat nasional, regional maupun internasional," kata dia.

Pertemuan ini akan dibuka oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dan ditutup tanggal 23 April 2016. Selain itu, Ketua Partai Golkar Aburizal Bakrie akan hadir.

Sementara itu, Ketua Umum Partai PDI P Megawati Soekarnoputri pada tanggal 29 April akan menjadi tuan rumah juga.

“Pada acara pembukaan, Ketua DPR RI, Ade Komarudin, akan menyampaikan pidato, juga ketua partai politik Indonesua yang mempunyai kursi di parlemen akan menyampaikan pidatonya, baik di sesi pembukaan maupun sesi-sesi persidangan disamping pidato oleh Chairman ICAPP, CAPP dan CoPPAL," kata dia.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home