Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 20:34 WIB | Sabtu, 16 Mei 2015

Indonesia Tumbang di Piala Sudirman

Ilustrasi: Mohamammad Ahsan (kiri) dan Hendra Setiawan (kanan) pada Indonesia Open 2014. (Foto: Humas PBSI).

DONGGUAN, SATUHARAPAN.COM – Kemenangan Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan bagi Indonesia di partai pembuka semi final Piala Sudirman terasa percuma, karena Indonesia akhirnya bertekuk lutut atas keperkasaan tuan rumah Tiongkok dengan 3-1 pada laga yang digelar di Dongfeng Nissan Sport Arena, Dongguan, Tiongkok, Sabtu (16/5).

Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan sukses menyumbangkan poin pertama setelah mengandaskan andalan ganda putra tuan rumah yang juga pernah menjadi juara Olimpiade 2012, Cai Yun/Fu Haifeng dengan kedudukan akhir 16-21 dan 17-21.

Akan tetapi, menurut badmintonindonesia.org, kemenangan tersebut hanya satu-satunya yang diraih Indonesia karena selanjutnya andalan tunggal putra Merah Putih, Jonatan Christie ditundukkan tunggal putra Tiongkok, Chen Long 10-21, 15-21.

Langkah Indonesia terhenti di semi final setelah Greysia Polii dan Nitya Krishinda Maheswari, yang turun di partai keempat tumbang atas Yu Yang dan Tang Yuangting dengan  21-17, 17-21 dan 15-21.

“Di set kedua kami sebenarnya terus berusaha menyerang seperti set pertama. Tapi kondisi kalah angin membuat serangan kami susah tembus juga. Jadi kami buru-buru buat matiin lawan,” kata Nitya setelah pertandingan. 

Sementara rekannya, Greysia Polii mengakui pebulu tangkis ganda putri Tang Yuangting memiliki smash  cukup keras. Dia dan Nitya mengaku sudah berusaha membalikkan keadaan tapi ternyata belum berhasil.

“Ini mungkin masalah ketenangan di lapangan, mental di lapangan. Secara teknik dan fisik kami berada dalam level yang sama, kami tidak kalah dengan mereka. Tapi mungkin memang belum saatnya,” kata Greysia.

Kedua pasangan ini tercatat belum pernah berhadapan. Duet Tang dan Yu merupakan “pasangan dadakan” yang dipasang untuk mengatasi pasangan Indonesia.

“Kami belum pernah ketemu dengan pasangan ini. Semua kombinasi pemain ganda putri yang dibawa Tiongkok kami pernah ketemu, hanya pasangan Tang dan Yu ini yang belum kami hadapi. Mungkin ini bagian dari strategi mereka juga. Stok pemain ganda mereka juga banyak dan secara individu bagus-bagus. Peluru mereka terlalu banyak,”  Greysia menambahkan.

Berikut hasil pertandingan semifinal Indonesia vs Tiongkok:

- Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan vs Cai Yun/Fu Haifeng: 21-16, 21-17.

- Bellaetrix Manuputty vs Li Xuerui: 5-3 (Bellaetrix mengundurkan diri)

- Jonatan Christie vs Chen Long: 10-21, 15-21.

- Greysia Polii /Nitya Krishinda Maheswari vs Tang Yuanting/Yu Yang: 21-17, 17-21, 15-21. (badmintonindonesia.org/tournamentsoftware.com).

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home