Loading...
INDONESIA
Penulis: Febriana Dyah Hardiyanti 17:52 WIB | Selasa, 09 Februari 2016

Ini Tuntutan Koalisi Masyarakat Sipil Atas Revisi UU KPK

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi menemui Ketua Baleg DPR RI, Supratman Andi Agtas (Foto: antikorupsi.org)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi menentang agenda Revisi UU Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Melalui pertemuan audiensi dengan Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, hari Selasa (9/2), mereka menyampaikan beberapa tuntutan. 

Tuntutan didasari survei Lembaga Indikator yang menunjukan kekecewaan publik atas Revisi UU KPK dan Petisi "Jangan Bunuh KPK, Hentikan Revisi UU KPK" di laman change.org yang mendapat 56.865 dukungan hingga hari Senin (8/2).

Adapun tuntutan tersebut adalah, pertama, seluruh fraksi di DPR RI menarik dukungan revisi UU KPK dan membatalkan rencana pembahasan revisi tersebut.

Kedua, Baleg DPR RI untuk mempertimbangkan dampak revisi UU KPK terhadap pemberantasan korupsi.

Ketiga, pemerintah, khususnya Presiden Joko Widodo, menolak membahas Revisi UU KPK bersama dengan DPR RI dan menariknya dalam Prolegnas 2015-2019.

Keempat, pimpinan KPK mengirimkan surat resmi yang menyatakan keberatan dan menolak terhadap rencana pembahasan Revisi UU KPK dengan substansi yang melemahkan kerja KPK.

Kelima, mendorong gerakan masyarakat sipil dan berbagai elemen yang menginginkan Indonesia bersih dari korupsi untuk bersatu padu menggagalkan upaya pelemahan KPK.

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi yang hadir dalam pertemuan audiensi diantaranya Indonesia Corruption Watch (ICW), Indonesia Parliamentary Center (IPC), Migrant Care, Change.org, dan Komite Pemantau Legislatif (Kopel). (antikorupsi.org)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home