Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 18:04 WIB | Rabu, 07 September 2016

Ini Visi Budi Gunawan Jika Jadi Kepala BIN

Calon Kepala Badan Intelijen (Kabin) Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan saat uji kelayakan dan kepatutan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (7/9). (Foto: Endang Saputra).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Calon Kepala Badan Intelijen (Kabin) Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan atau BG berjanji akan mengoptimalisasikan peran Badan Intelijen Negara (BIN) yang semakin profesional, objektif dan berintegritas.

“Jika saya diberi kepercayaan sebagai Kepala BIN, maka saya akan melakukan program optimalisasi menuju BIN yang semakin profesional, objektif dan berintegritas (PROBIN)‎,” kata Budi Gunawan saat uji kelayakan dan kepatutan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (Kabin), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, hari Rabu (7/9).

Menurut BG, program itu guna meningkatkan peran dan kemampuan BIN agar mampu menghadapi ancaman nasional serta mendukung kebijakan pemerintah.

Budi Gunawan juga menilai peran BIN selama ini sudah berjalan baik. Namun kinerjanya perlu ditingkatkan lagi dan penguatan di intelijen guna pelaksanaan yang lebih baik.

“Saya rasa perlu dioptimalisasi didasari pemahaman bahwa selama ini peran intelijen yang dilakukan BIN sudah berjalan baik. tapi ada beberapa hal masih terdapat ruang yang perlu dioptimalkan dan ditingkatkan dalam pelaksanaan dan peran sebagai koordinator fungsi intelijen," kata dia.

Optimalisasi, perannya harus ditingkatkan dalam kinerja BIN untuk melakukan upaya pekerjaan dan tindakan untuk mendeteksi dini dalam rangka pencegahan, penangkalan dan penanggulangan terhadap ancaman yang mungkin timbul dan mengancam keamanan nasional.

Sedangkan optimalisasi kemampuan berarti meningkatkan kapasitas personel, teknologi, sistem manajemen, Standart Operating Procedure (SOP) dan budaya organisasi agar mampu menjalankan peran BIN dengan lebih optimal.

Oleh karena itu perlu langkah optimalisasi untuk pembenahan BIN ke depan agar bisa menjadi pelaksana intelijen negara yang handal.

Budi Gunawan berpendapat langkah optimalisasi dilakukan terhadap peran dan kemampuan BIN baik secara lembaga maupun personel agar dapat menjalankan tugasnya perannya secara profesional, objektif dan berintegritas guna mendukung sistem keamanan nasional dalam rangka mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian.

“Keberadaan BIN sangat strategis dan signifikan bukan hanya bagi keamanan masyarakat tapi juga keselamatan bangsa dan negara RI,” kata dia.

 Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home