Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 11:21 WIB | Rabu, 09 Maret 2022

Invasi Rusia Menciptakan Krisis Kemanusiaan di Kota Mariupol, Ukraina

Invasi Rusia Menciptakan Krisis Kemanusiaan di Kota Mariupol, Ukraina
Orang-orang duduk mengelilingi lampu di tempat perlindungan bom di Mariupol, Ukraina, hari Minggu, 6 Maret 2022. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Invasi Rusia Menciptakan Krisis Kemanusiaan di Kota Mariupol, Ukraina
Seorang pria menggendong seorang perempuan tua ketika orang-orang terus meninggalkan Irpin, di pinggiran Kiev, Ukraina, hari Selasa, 8 Maret 2022. Tuntutan untuk mengevakuasi warga sipil dengan aman telah meningkat seiring dengan peningkatan penembakan oleh pasukan Rusia, yang telah membuat kemajuan yang signifikan di Ukraina selatan tetapi terhenti di beberapa wilayah lain. Upaya untuk melakukan gencatan senjata di sepanjang koridor kemanusiaan telah berulang kali gagal di tengah penembakan Rusia. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Invasi Rusia Menciptakan Krisis Kemanusiaan di Kota Mariupol, Ukraina
Orang-orang berjalan di sebelah gedung apartemen yang terkena tembakan di Mariupol, Ukraina, Senin, 7 Maret 2022. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Invasi Rusia Menciptakan Krisis Kemanusiaan di Kota Mariupol, Ukraina
Prajurit Ukraina, kanan, membagikan air kepada warga di Mariupol, Ukraina, Minggu, 6 Maret 2022. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)
Invasi Rusia Menciptakan Krisis Kemanusiaan di Kota Mariupol, Ukraina
Pada hari Selasa, 8 Maret 2022 ini, gambar dari video yang disediakan oleh Kantor Pers Kepresidenan Ukraina dan diposting di Instagram, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengedipkan mata saat dia berbicara di Kiev, Ukraina. (Foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)
Invasi Rusia Menciptakan Krisis Kemanusiaan di Kota Mariupol, Ukraina
Prajurit Ukraina berjalan melewati sirip ekor vertikal pesawat pengebom Su-34 Rusia yang tergeletak di gedung yang rusak di Kharkiv, Ukraina, hari Selasa, 8 Maret 2022. (Foto: AP/Andrew Marienk)

MARIUPOL, SATUHARAPAN.COM-Mayat tergeletak di jalan-jalan Mariupol. Orang-orang yang lapar masuk ke toko-toko untuk mencari makanan dan mencairkan salju untuk mendapatkan air. Ribuan orang berkerumun di ruang bawah tanah, gemetar mendengar suara peluru Rusia yang menghantam kota pelabuhan yang strategis ini.

“Kenapa aku tidak boleh menangis?” Goma Janna bertanya sambil menangis di bawah cahaya lampu minyak di bawah tanah, dikelilingi oleh perempuan dan anak-anak. “Saya ingin rumah saya, saya ingin pekerjaan saya. Saya sangat sedih tentang orang-orang dan tentang kota, anak-anak.”

Krisis kemanusiaan sedang berlangsung di kota berpenduduk 430.000 yang dikepung Rusia dengan tembakan, dan pada hari Selasa tidak ada bantuan: upaya untuk mengevakuasi warga sipil dan mengirimkan makanan, air, dan obat-obatan yang sangat dibutuhkan melalui koridor aman yang ternyata gagal. Pejabat Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah menembaki sebelum mencapai kota.

Hampir dua pekan setelah invasi, Rusia telah maju jauh di sepanjang garis pantai Ukraina yang dapat membangun jembatan darat ke Krimea, yang direbut Moskow dari Ukraina pada tahun 2014. Mariupol, yang terletak di Laut Azov, telah dikepung oleh tentara Rusia selama berhari-hari.

Mariupol, kata Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, berada dalam “situasi bencana.”

Selama berhari-hari, ketika pasukan Moskow mengepung kota-kota Ukraina, upaya untuk membuat koridor untuk mengevakuasi warga sipil dengan aman telah terhambat di tengah pertempuran yang terus berlanjut dan keberatan terhadap rute yang diusulkan. Ukraina menolak tawaran Moskow tentang koridor yang mengarahkan warga sipil ke Rusia atau sekutunya Belarusia.

Militer Rusia membantah menembaki konvoi dan menuduh pihak Ukraina menghalangi upaya evakuasi.

Satu evakuasi tampaknya berhasil pada hari Selasa, dengan Vereshchuk mengatakan bahwa 5.000 warga sipil, termasuk 1.700 mahasiswa asing, telah dibawa keluar melalui koridor yang aman dari Sumy, sebuah kota timur laut yang diperangi. Ada seperempat juta orang di sana, di mana serangan semalam menewaskan 21 orang, termasuk dua anak.

Diperkirakan Ribuan Tewas di Ukraina

Di Mariupol, pihak berwenang berencana untuk mulai menggali kuburan massal untuk semua orang yang tewas, meskipun jumlahnya tidak jelas. Penembakan itu telah menghancurkan gedung-gedung, dan kota itu tidak memiliki air, pemanas, sistem pembuangan limbah yang berfungsi atau layanan telepon.

Pencurian telah meluas untuk makanan, pakaian, bahkan furnitur, dengan penduduk setempat menyebut praktik tersebut sebagai “mendapatkan diskon.” Beberapa warga terpaksa mengambil air dari sungai.

Dengan listrik padam, banyak orang mengandalkan radio mobil mereka untuk mendapatkan informasi, mengambil berita dari stasiun yang disiarkan dari daerah yang dikendalikan oleh pasukan Rusia atau separatis yang didukung Rusia.

Ludmila Amelkina, yang sedang berjalan di sepanjang gang yang dipenuhi puing-puing dan dinding yang dipenuhi tembakan, mengatakan kehancuran itu sangat menghancurkan. “Kami tidak punya listrik, kami tidak punya apa-apa untuk dimakan, kami tidak punya obat. Kami tidak punya apa-apa,” katanya, melihat ke langit.

Di seluruh negeri, ribuan orang diperkirakan tewas, baik warga sipil maupun tentara, dalam pertempuran hampir dua pekan. Pasukan Rusia telah melihat gerekan mereka terhenti di daerah-daerah tertentu, termasuk di sekitar Kiev, ibu kota, di mana konvoi kendaraan lapis baja yang telah terhenti selama berhari-hari, oleh perlawanan sengit dari Ukraina.

Hari Selasa malam, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, merilis sebuah video yang menunjukkan dia berdiri di dekat kantor kepresidenan di Kiev. Di belakangnya ada tumpukan karung pasir, pohon cemara yang diselimuti salju, dan beberapa mobil.

Itu adalah video kedua dalam 24 jam yang menunjukkan dia di dekat kursi kekuasaan negara itu, tampaknya dibuat untuk menghilangkan keraguan tentang apakah dia telah meninggalkan kota. "Salju jatuh. Musim semi seperti itu,” katanya dengan suara lembut. “Anda tahu, ini adalah masa perang, musim semi seperti ini. Kasar. Tapi kami akan menang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home