Loading...
INDONESIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 23:13 WIB | Rabu, 08 April 2015

Irak Gali 47 Jasad Korban Pembantaian ISIS di Tikrit

Irak Gali 47 Jasad Korban Pembantaian ISIS di Tikrit
Kuburan korban pembantaian ISIS ditemukan pada hari Rabu lalu di tempat yang dahulunya kompleks tempat tinggal Presiden Saddam Hussein. (Foto: Reuters)
Irak Gali 47 Jasad Korban Pembantaian ISIS di Tikrit
Foto dokumentasi yang menggambarkan para serdadu sandera ISIS akan dieksekusi di Tikrit. (Foto: AP)

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Irak telah menggali jasad dari 47 orang yang diyakini telah dibantai oleh para militan dari kuburan massal di Tikrit, ujar juru bicara dari kementerian hak asasi manusia, Selasa (07/04).

“Jumlah mayat yang digali sejauh ini ada 47 dan mereka ditemukan di 11 kuburan massal,” ujar Kamel Amin kepada AFP, menambahkan bahwa jumlah tersebut diperkirakan akan bertambah.

Amin mengatakan bahwa mereka diyakini merupakan korban dari pembantaian Speicher. Speicher diambil dari nama sebuah pangkalan militer di area tersebut tempat 1.700 warga Syiah yang direkrut diculik oleh kelompok militan Islamic State (ISIS) tahun lalu.

Namun tes DNA diperlukan untuk mengonfirmasi identitas mereka, ujarnya.

Pembunuhan para anggota rekrut – yang didokumentasikan oleh kelompok militan itu dalam foto dan video yang diunggah ke dunia maya – menuai kecaman, meningkatkan dukungan untuk memerangi ISIS.

Beberapa situs kuburan massal ditemukan setelah pasukan Irak berhasil merebut kembali kota Tikrit pekan lalu dalam kemenangan terbesar mereka melawan ISIS sejauh ini. (Ant/AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home