Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 01:06 WIB | Selasa, 17 Januari 2023

Perempuan AS Menyesal Menjadi Anggota ISIS, Masih Berharap Dapat Pulang

Hoda Muthana selama wawancara di kamp penahanan Roj di Suriah tempat dia ditahan oleh pasukan Kurdi sekutu AS, Rabu, 9 November 2022. Muthana, yang melarikan diri dari rumah di Alabama pada usia berusia 20 tahun, bergabung dengan kelompok Negara Islam (ISIS) dan memiliki anak dengan salah satu pejuangnya mengatakan dia masih berharap untuk kembali ke Amerika Serikat, menjalani hukuman penjara jika perlu, dan mengadvokasi melawan ekstremis. (Foto: tangkap layar video/AP/The News Movement)

KAMP ROJ, SATUHARAPAN.COM - Seorang perempuan yang melarikan diri dari rumah di Alabama, Amerika Serikat, pada usia 20 tahun, bergabung dengan kelompok Negara Islam (ISIS) dan memiliki seorang anak dengan salah satu pejuangnya. Dia sekarang mengatakan masih berharap untuk kembali ke Amerika Serikat, menjalani hukuman penjara jika perlu, dan melakukan advokasi untuk melawan ekstremis.

Dalam sebuah wawancara langka dari kamp penahanan Roj di Suriah di mana dia ditahan oleh pasukan Kurdi sekutu AS, Hoda Muthana, mengatakan dia dicuci otak oleh pedagang online untuk bergabung dengan kelompok tersebut pada tahun 2014 dan menyesali segalanya kecuali putranya yang masih kecil, sebelum menikah di usia sekolah.

“Jika saya perlu duduk di penjara, dan melakukan waktu saya, saya akan melakukannya. ... Saya tidak akan melawannya,” kata perempuan berusia 28 tahun itu kepada The News Movement. “Saya berharap pemerintah saya memandang saya sebagai seseorang yang muda pada saat itu dan naif.”

Itu adalah kalimat yang dia ulangi dalam berbagai wawancara media sejak melarikan diri dari salah satu kantong terakhir kelompok ekstremis di Suriah pada awal tahun 2019.

Pendukung Antusias ISIS

Tapi empat tahun sebelumnya, di puncak kekuatan ekstremis, dia menyuarakan dukungan antusias untuk mereka di media sosial dan dalam sebuah wawancara dengan BuzzFeed News. IS (atau ISIS)  kemudian memerintah kekhalifahan Islam yang dideklarasikan sendiri yang membentang kira-kira sepertiga dari Suriah dan Irak.

Dalam postingan yang dikirim dari akun Twitter-nya pada tahun 2015, dia meminta orang Amerika untuk bergabung dengan grup tersebut dan melakukan serangan di AS, menyarankan penembakan di jalan atau menabrakkan kendaraan yang menargetkan pertemuan pada hari libur nasional.

Dalam wawancaranya dengan TNM, Muthana sekarang mengatakan teleponnya diambil darinya dan tweet itu dikirim oleh pendukung ISIS.

Muthana lahir di New Jersey dari imigran Yaman dan pernah memiliki paspor AS. Dia dibesarkan dalam keluarga Muslim konservatif di Hoover, Alabama, tepat di luar Birmingham. Pada tahun 2014, dia memberi tahu keluarganya bahwa dia akan melakukan perjalanan sekolah tetapi terbang ke Turki dan menyeberang ke Suriah sebagai gantinya, mendanai perjalanan dengan cek sekolah yang diam-diam dia uangkan.

Pemerintahan Obama membatalkan kewarganegaraannya pada tahun 2016, dengan mengatakan ayahnya adalah seorang diplomat Yaman yang terakreditasi pada saat dia dilahirkan, pencabutan kewarganegaraan hak kesulungan yang jarang terjadi. Pengacaranya membantah langkah itu, dengan alasan bahwa akreditasi diplomatik sang ayah berakhir sebelum dia lahir.

Administrasi Trump menyatakan bahwa dia bukan warga negara dan melarangnya untuk kembali, bahkan saat itu menekan sekutu Eropa untuk memulangkan warga negara mereka sendiri yang ditahan untuk mengurangi tekanan pada kamp-kamp penahanan.

Pengadilan AS telah memihak pemerintah dalam masalah kewarganegaraan Muthana, dan Januari lalu Mahkamah Agung menolak untuk mempertimbangkan gugatannya untuk masuk kembali.

Hal itu membuat dia dan putranya mendekam di kamp penahanan di Suriah utara yang menampung ribuan janda pejuang ISIS dan anak-anak mereka.

65.000 angkoa ISIS dan keluarga dalam tahanan

Sekitar 65.600 tersangka anggota ISIS dan keluarga mereka, baik warga Suriah maupun warga negara asing, ditahan di kamp dan penjara di timur laut Suriah yang dijalankan oleh kelompok Kurdi sekutu AS, menurut laporan Human Rights Watch yang dirilis bulan lalu.

Perempuan yang dituduh berafiliasi dengan ISIS dan anak-anak kecil mereka sebagian besar ditempatkan di kamp al-Hol dan Roj, di bawah apa yang digambarkan oleh kelompok hak asasi manusia sebagai “kondisi yang mengancam jiwa.” Tahanan kamp termasuk lebih dari 37.400 orang asing, di antaranya orang Eropa dan Amerika Utara.

Human Rights Watch dan pemantau lainnya menyebutkan kondisi kehidupan yang mengerikan di kamp, ​​termasuk makanan, air, dan perawatan medis yang tidak memadai, serta pelecehan fisik dan seksual terhadap narapidana oleh penjaga dan sesama tahanan.

Pihak berwenang dan aktivis yang dipimpin Kurdi menyalahkan sel-sel tidur ISIS atas gelombang kekerasan di dalam fasilitas, termasuk pemenggalan kepala dua gadis Mesir, berusia 11 dan 13 tahun, di kamp al-Hol pada bulan November. Serangan udara Turki yang menargetkan kelompok Kurdi yang diluncurkan bulan itu juga menghantam dekat al-Hol. Pejabat kamp menuduh bahwa serangan Turki menargetkan pasukan keamanan yang menjaga kamp.

Seruan untuk Pemulangan

“Tidak seorang pun dari orang asing itu dibawa ke hadapan otoritas yudisial … untuk menentukan perlunya dan legalitas penahanan mereka, menjadikan penahanan mereka sewenang-wenang dan melanggar hukum,” tulis Human Rights Watch. “Penahanan hanya berdasarkan ikatan keluarga merupakan hukuman kolektif, kejahatan perang.”

Seruan untuk memulangkan para tahanan sebagian besar diabaikan segera setelah pemerintahan berdarah ISIS, yang ditandai dengan pembantaian, pemenggalan kepala, dan kekejaman lainnya, banyak di antaranya disiarkan ke dunia dalam film grafis yang diedarkan di media sosial.

Namun seiring berjalannya waktu, laju repatriasi mulai meningkat. Human Rights Watch mengatakan sekitar 3.100 orang asing, kebanyakan perempuan dan anak-anak, telah dipulangkan selama setahun terakhir. Sebagian besar adalah warga Irak, yang merupakan mayoritas tahanan, tetapi warga negara juga dipulangkan ke Australia, Kanada, Prancis, Jerman, Belanda, Rusia, dan Inggris.

AS telah memulangkan total 39 warga negara Amerika. Tidak jelas berapa banyak orang Amerika lainnya yang tetap berada di kamp.

Hari-hari ini, Muthana menggambarkan dirinya sebagai korban dari Negara Islam (ISIS).

Berbicara dengan TNM, dia menjelaskan bagaimana, setelah tiba di Suriah pada tahun 2014, dia ditahan di wisma yang disediakan untuk perempuan dan anak-anak yang belum menikah. "Saya belum pernah melihat kekotoran seperti itu dalam hidup saya, seperti ada 100 perempuan dan anak-anak dua kali lebih banyak, berlarian, terlalu banyak kebisingan, tempat tidur kotor," katanya.

Satu-satunya cara untuk melarikan diri adalah menikah dengan seorang pejuang. Dia akhirnya menikah dan menikah lagi tiga kali. Dua suami pertamanya, termasuk ayah dari putranya, tewas dalam pertempuran. Dia dilaporkan menceraikan suami ketiganya.

Kelompok ekstrimis yang juga dikenal dengan nama ISIS ini tidak lagi menguasai wilayah manapun di Suriah atau Irak tetapi terus melakukan serangan sporadis dan memiliki pendukung sendiri di kamp-kamp. Muthana mengatakan dia masih harus berhati-hati dengan apa yang dia katakan karena takut akan pembalasan.

“Bahkan di sini, saat ini, saya tidak dapat sepenuhnya mengatakan semua yang ingin saya katakan. Tapi begitu aku pergi, aku akan melakukannya. Saya akan menjadi advokat menentang ini,” katanya. “Saya berharap dapat membantu para korban ISIS di Barat memahami bahwa seseorang seperti saya bukan bagian darinya, bahwa saya juga adalah korban ISIS.”

Hassan Shably, seorang pengacara yang telah membantu keluarga Muthana, mengatakan sangat jelas bahwa dia dicuci otak dan dimanfaatkan.

Dia mengatakan keluarganya berharap dia bisa kembali, membayar utangnya kepada masyarakat dan kemudian membantu orang lain dari "jatuh ke jalan gelap yang dia bawa."

“Dia benar-benar salah arah, dan tidak ada yang menyangkalnya. Tapi sekali lagi, dia adalah seorang remaja yang menjadi korban dari operasi perekrutan yang sangat canggih yang berfokus untuk memanfaatkan yang muda, yang rentan, yang kehilangan haknya,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home