Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 12:22 WIB | Rabu, 24 Juni 2015

Iran, Irak dan Suriah Bersatu Perangi ISIS

Ilustrasi militan ISIS. (Foto: Dok.satuharapan.com/AFP)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM – Delegasi pemerintah Iran, Irak dan Suriah akan menggelar pertemuan pekan depan di Baghdad untuk meningkatkan kerja sama dalam memerangi kelompok ekstremis ISIS, menurut laporan, Selasa (23/6).

Perwakilan dari ketiga negara “akan melakukan pertemuan pekan depan di Baghdad untuk meningkatkan kerja sama dalam memerangi terorisme,” ujar Ali Akbar Velayati, penasihat urusan luar negeri pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, Selasa (23/6).

Velayati menyatakan hal tersebut setelah bertemu dengan Menteri Dalam Negeri Suriah Mohammad al-Chaar, yang akan berkunjung ke Teheran, menurut laporan stasiun televisi nasional Iran.

“Iran memiliki hubungan persaudaraan dan sejarah dengan kedua negara (Irak dan Suriah). Pekan depan, kami akan menyaksikan kemajuan penting dalam hubungan antara ketiga negara,” ujar Velayati.

Menurut pernyataan Chaar, seperti dilansir surat kabar Al-Watan, pertemuan tersebut ditujukan “untuk membahas mekanisme kerja sama strategis dan koordinasi dalam memerangi terorisme.”

“Teroris ISIS aktif di Suriah dan Irak sehingga kami harus berkoordinasi di tingkat tertinggi guna memerangi terorisme,” ujar Chaar, seperti dilansir kantor berita Iran IRNA.

Pertemuan pada pekan depan akan diisi dengan penandatanganan protokol bersama dalam memerangi “terorisme, kekerasan dan ekstremisme,” ujar Menteri Dalam Negeri Abdolreza Rahmani Fazli. (AFP)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home