Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 10:55 WIB | Kamis, 26 Juni 2014

Iran Kirim Pesawat Nirawak dan Senjata ke Irak.

Pesawat Nirawak Ababil telah ditempatkan di Irak (Foto: AFP).

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM - Iran secara rahasia mengirimkan pesawat nirawak atau drone dan perlengkapan militer ke Irak untuk membantu negara itu melawan milisi Sunni, kata sumber di The New York Times Rabu (25/6).

Satu “armada kecil” pesawat nirawak Ababil telah ditempatkan di pangkalan udara Al-Rashid dekat Baghdad, Kata sumber tanpa nama dari AS.

Pesawat nirawak Ababil, lebih unggul daripada pesawat nirawak milik AS, Pesawat itu dirancang di Iran dan memiliki rentang sayap 3 meter. Pesawat digunakan untuk pengintaian dan tidak dipersenjatai.

Belasan perwira dari pasukan paramiliter Quds Iran, juga dikirim ke Irak untuk memberikan bimbingan teknis kepada komandan Irak dan membantu mobilisasi milisi Syiah di selatan Irak.

Iran juga mengirimkan dua penerbangan setiap hari ke Baghdad dengan masing-masing penerbangan mengangkut 70 ton peralatan militer.

Iran menyiagakan 10 divisi tentara dan pasukan paramiliter Quds yang ditempatkan di perbatasan Irak-Iran, untuk melindungi ibu kota Irak dan tempat suci Syiah dari milisi Sunni, kata sumber The New York Times.

Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf mengatakan ia tidak dapat mengonfirmasi laporan dari “sumber” tersebut.

Tapi Harf percaya Iran memiliki peran yang membantu Irak bersamaan dengan bantuan AS yang dikirim ke Irak

Sebuah serangan kilat oleh milisi Sunni yang dipimpin Negara Islam Irak dan Levant (ISIL) telah menyebabkan dikuasainya daerah Utara dan Barat Baghdad bulan ini dan mengancam memecah-belah persatuan bangsa Irak.

PBB menyatakan kurang lebih 1.075 orang tewas, dan sepertiganya adalah warga sipil, 658 orang terluka di Irak dalam rentang 5 dan 22 Juni. Sementara ribuan orang kehilangan tempat tinggal.
 

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home