Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 20:31 WIB | Senin, 06 Maret 2023

Iran Laporkan Terjadi Serangan Peracunan di Sekolah Perempuan

Peta negara Iran. (Foto: AFP)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Krisis atas dugaan peracunan yang menargetkan siswi sekolah Iran meningkat pada hari Minggu (5/3) ketika pihak berwenang mengakui lebih dari 50 sekolah diserang dalam gelombang kasus tersebut. Keracunan telah menyebarkan ketakutan lebih lanjut di kalangan orang tua karena Iran telah menghadapi kerusuhan selama berbulan-bulan.

Masih belum jelas siapa atau apa yang bertanggung jawab sejak dugaan peracunan dimulai pada November di kota suci Syiah, Qom. Laporan sekarang menunjukkan sekolah di 21 dari 30 provinsi Iran telah melihat kasus yang dicurigai, dengan sekolah anak perempuan menjadi lokasi hampir semua insiden.

Serangan tersebut menimbulkan kekhawatiran bahwa gadis-gadis lain dapat diracuni, tampaknya hanya karena mereka pergi ke sekolah. Pendidikan untuk anak perempuan tidak pernah ditentang selama lebih dari 40 tahun sejak Revolusi Islam 1979. Iran telah menyerukan kepada Taliban di negara tetangga Afghanistan untuk mengizinkan anak perempuan dan perempuan kembali ke sekolah dan universitas.

Menteri Dalam Negeri Iran, Ahmad Vahidi, pada hari Sabtu (4/3) mengatakan, tanpa menjelaskan lebih lanjut, bahwa penyelidik menemukan "sampel mencurigakan" dalam penyelidikan mereka atas insiden tersebut, menurut kantor berita IRNA yang dikelola negara.

Dia menyerukan ketenangan di antara masyarakat, sementara juga menuduh "terorisme media musuh" menghasut lebih banyak kepanikan atas dugaan peracunan.

Namun, baru setelah peracunan mendapat perhatian media internasional, Presiden garis keras, Ebrahim Raisi, mengumumkan penyelidikan atas insiden tersebut pada hari Rabu.

Pada hari Minggu, Raisi mengatakan kepada Kabinet, menyusul laporan yang dibacakan oleh Menteri Intelijen, Ismail Khatib, bahwa akar peracunan harus diungkap dan dihadapi. Dia menggambarkan dugaan serangan itu sebagai “kejahatan terhadap kemanusiaan karena menciptakan kecemasan di kalangan siswa dan orang tua.”

Vahidi mengatakan setidaknya 52 sekolah telah terkena dugaan keracunan. Laporan media Iran telah menyebutkan jumlah sekolah lebih dari 60. Setidaknya satu sekolah anak laki-laki dilaporkan telah terpengaruh.

Video orang tua dan siswi yang kesal di ruang gawat darurat dengan infus di tangan mereka telah membanjiri media sosial. Memahami krisis tetap menantang, mengingat hampir 100 jurnalis telah ditahan oleh Iran sejak dimulainya protes pada bulan September atas kematian Mahsa Amini yang berusia 22 tahun. Dia telah ditahan oleh polisi moralitas negara dan kemudian meninggal.

Tindakan keras pasukan keamanan terhadap protes tersebut telah menyebabkan setidaknya 530 orang tewas dan 19.700 lainnya ditahan, menurut Aktivis Hak Asasi Manusia di Iran.

Anak-anak yang terkena keracunan dilaporkan mengeluh sakit kepala, jantung berdebar-debar, merasa lesu atau tidak bisa bergerak. Beberapa menggambarkan berbau jeruk, klorin, atau bahan pembersih yang berbau.

Laporan menunjukkan setidaknya 400 anak sekolah telah jatuh sakit sejak November. Vahidi, menteri dalam negeri, mengatakan dalam pernyataannya bahwa dua gadis masih dirawat di rumah sakit karena kondisi kronis yang mendasarinya.

Karena lebih banyak serangan dilaporkan pada hari Minggu, video yang diposting di media sosial memperlihatkan anak-anak mengeluh tentang rasa sakit di kaki, perut, dan pusing. Media pemerintah terutama menyebut ini sebagai "reaksi histeris".

Sejak wabah, tidak ada yang dilaporkan dalam kondisi kritis dan tidak ada laporan korban jiwa.

Serangan terhadap perempuan telah terjadi di masa lalu di Iran, terakhir dengan gelombang serangan air keras pada tahun 2014 di sekitar kota Isfahan, pada saat itu diyakini dilakukan oleh kelompok garis keras yang menargetkan perempuan karena cara mereka berpakaian.

Spekulasi di media pemerintah Iran yang dikontrol ketat berfokus pada kemungkinan kelompok di pengasingan atau kekuatan asing berada di balik peracunan. Itu juga berulang kali dituduh selama protes baru-baru ini tanpa bukti.

Kelompok Yang Melaran Pendidikan bagi Perempuan

Dalam beberapa hari terakhir, menteri luar negeri Jerman, seorang pejabat Gedung Putih dan lainnya telah meminta Iran untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi siswi, kekhawatiran yang oleh Kementerian Luar Negeri Iran dianggap sebagai "air mata buaya."

Namun, Komisi Amerika Serikat untuk Kebebasan Beragama Internasional mencatat bahwa Iran "terus mentolerir serangan terhadap perempuan dan anak perempuan selama berbulan-bulan" di tengah protes baru-baru ini.

“Peracunan ini terjadi di lingkungan di mana pejabat Iran memiliki impunitas atas pelecehan, penyerangan, pemerkosaan, penyiksaan, dan eksekusi perempuan yang menegaskan kebebasan beragama atau berkeyakinan mereka,” kata Sharon Kleinbaum dari komisi tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kecurigaan di Iran telah jatuh pada kemungkinan kelompok garis keras untuk melakukan peracunan yang dicurigai. Wartawan Iran, termasuk Jamileh Kadivar, mantan anggota parlemen reformis terkemuka di surat kabar Ettelaat Teheran, telah mengutip komunike dari sebuah kelompok yang menamakan dirinya Fidayeen Velayat yang konon mengatakan bahwa pendidikan anak perempuan "dianggap terlarang" dan mengancam akan "menyebarkan peracunan anak perempuan" di seluruh Iran” jika sekolah perempuan tetap buka.

Para pejabat Iran belum mengakui d kelompok mana pun yang disebut Fidayeen Velayat, yang secara kasar diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai "Pemuja Perwalian". Namun, Kadivar menyebutkan ancaman di media cetak karena dia tetap berpengaruh dalam politik Iran dan memiliki ikatan dengan kelas penguasa teokratisnya. Kepala surat kabar Ettelaat juga ditunjuk oleh Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei.

Kadivar menulis pada hari Sabtu bahwa kemungkinan lain adalah "histeria massal". Ada kasus sebelumnya selama beberapa dekade terakhir, terakhir di Afghanistan dari tahun 2009 hingga 2012. Kemudian, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menulis tentang apa yang disebut "penyakit psikogenik massal" yang menyerang ratusan anak perempuan di sekolah di seluruh negeri.

“Laporan bau busuk sebelum munculnya gejala telah memberi penghargaan pada teori keracunan massal,” tulis WHO saat itu. "Namun, investigasi penyebab wabah ini sejauh ini tidak menghasilkan bukti seperti itu."

Iran belum mengakui dan meminta bantuan badan kesehatan dunia dalam penyelidikannya. WHO tidak segera menanggapi permintaan komentar pada hari Minggu.

Namun, Kadivar juga mencatat bahwa kelompok garis keras di pemerintahan Iran di masa lalu melakukan apa yang disebut “pembunuhan berantai” terhadap aktivis dan lainnya pada 1990-an. Dia juga merujuk pembunuhan oleh warga Islam pada tahun 2002 di kota Kerman, ketika satu korban dilempari batu sampai mati dan yang lainnya diikat dan dibuang ke kolam renang, di mana mereka ditenggelamkan. Dia menggambarkan orang-orang yang main hakim sendiri itu sebagai anggota Basij, pasukan sukarelawan paramiliter Iran di Pasukan Garda Revolusi Islam.

“Penyebut umum dari mereka semua adalah pemikiran ekstrem, stagnasi intelektual, dan pandangan religius yang kaku yang memungkinkan mereka melakukan tindakan kekerasan seperti itu,” tulis Kadivar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home