Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:14 WIB | Kamis, 02 Maret 2023

PBB: Ditemukan Partikel Uranium Yang Diperkaya Hingga 83,7% di Situs Nuklir Iran

Kemurnian Uranium itu mendekati penggunaan untuk bom atom, 90%.
Seorang mahasiswi melihat sentrifugal buatan dalam negeri Iran dalam pameran pencapaian nuklir negara itu, di Teheran, Iran, Rabu, 8 Februari 2023. Kepala pengawas nuklir PBB pada hari Selasa menggarisbawahi urgensi menyadarkan kembali upaya diplomatik untuk membatasi aktivitas program nuklir Iran, mengatakan situasi dapat dengan cepat memburuk jika negosiasi gagal. (Foto: AP/Vahid Salemi)

WINA, SATUHARAPAN.COM - Inspektur dari pengawas nuklir PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) menemukan partikel uranium yang diperkaya hingga 83,7% di situs nuklir bawah tanah Fordo Iran, sebuah laporan yang dilihat hari Selasa (28/2) oleh The Associated Press mengatakan.

Laporan triwulanan rahasia oleh Badan Energi Atom Internasional (IAEA) yang berbasis di Wina yang didistribusikan ke negara-negara anggota kemungkinan akan meningkatkan ketegangan lebih lanjut antara Iran dan Barat atas programnya. Itu bahkan ketika Teheran sudah menghadapi kerusuhan internal setelah protes berbulan-bulan dan kemarahan Barat atas pengiriman drone pembawa bom ke Rusia untuk perangnya di Ukraina.

Laporan IAEA hanya berbicara tentang “partikel”, yang menunjukkan bahwa Iran tidak membangun persediaan uranium yang diperkaya di atas 60% – tingkat yang telah diperkaya selama beberapa waktu.

Laporan IAEA menggambarkan inspektur menemukan pada 21 Januari bahwa dua riam sentrifugal IR-6 di fasilitas Fordo Iran telah dikonfigurasi dengan cara yang "sangat berbeda" dengan apa yang telah dinyatakan sebelumnya. IAEA mengambil sampel pada hari berikutnya, yang menunjukkan kemurnian partikel hingga 83,7%, kata laporan itu.

"Iran memberi tahu badan tersebut bahwa 'fluktuasi yang tidak diinginkan' dalam tingkat pengayaan mungkin telah terjadi selama masa transisi," kata laporan IAEA. “Diskusi antara badan tersebut dan Iran untuk mengklarifikasi masalah ini sedang berlangsung.”

Misi Iran untuk PBB tidak segera menanggapi pertanyaan terkait laporan tersebut, yang rinciannya telah beredar selama sekitar satu pekan. Laporan IAEA mengatakan bahwa hal itu akan “lebih meningkatkan frekuensi dan intensitas kegiatan verifikasi lembaga” di Fordo setelah penemuan tersebut.

Seorang juru bicara program nuklir sipil Iran, Behrouz Kamalvandi, pekan lalu mencari untuk menggambarkan setiap deteksi partikel uranium yang diperkaya ke tingkat itu sebagai efek samping sesaat dari upaya mencapai produk akhir dengan kemurnian 60%. Namun, para ahli mengatakan perbedaan besar dalam kemurnian bahkan pada tingkat untukm bom atom akan tampak mencurigakan bagi inspektur.

Mendekati Penggunaan Bom Atom

Kesepakatan nuklir Iran tahun 2015 membatasi persediaan uranium Teheran hingga 300 kilogram (661 pon) dan pengayaan hingga 3,67% — cukup untuk bahan bakar pembangkit listrik tenaga nuklir. Penarikan sepihak Amerika Serikat dari perjanjian pada tahun 2018 menggerakkan serangkaian serangan dan eskalasi oleh Teheran atas programnya.

Iran telah memproduksi uranium yang diperkaya dengan kemurnian 60% - tingkat yang menurut para ahli nonproliferasi Teheran tidak memiliki penggunaan sipil. Laporan IAEA menempatkan cadangan uranium Iran pada 12 Februari sekitar 3.760 kilogram (8.289 pon) - meningkat 87,1 kilogram (192 pon) sejak laporan triwulanan terakhirnya pada November. Dari jumlah tersebut, 87,5 kilogram (192 pon) diperkaya hingga kemurnian 60%.

Uranium hampir 84% hampir pada tingkat senjata 90% — artinya setiap persediaan bahan itu dapat dengan cepat digunakan untuk menghasilkan bom atom jika Iran mau.

Sementara direktur jenderal IAEA telah memperingatkan Iran sekarang memiliki cukup uranium untuk memproduksi "beberapa" bom nuklir jika diinginkan, kemungkinan akan membutuhkan waktu berbulan-bulan lagi untuk membuat senjata dan berpotensi mengecilkannya untuk dijadikan rudal. Komunitas intelijen AS, akhir pekan lalu, mempertahankan penilaiannya bahwa Iran tidak mengejar bom atom.

"Sejauh pengetahuan kami, kami tidak percaya bahwa pemimpin tertinggi di Iran belum membuat keputusan untuk melanjutkan program persenjataan yang kami nilai mereka hentikan atau hentikan pada akhir 2003," kata Direktur CIA, Williams Burns, kepada CBS. "Tapi dua kaki kursi lainnya, yang berarti program pengayaan, jelas telah berkembang sangat jauh."

Tapi situs Fordo, yang berada di bawah gunung dekat kota suci Syiah, Qom, sekitar 90 kilometer (55 mil) barat daya Teheran, tetap menjadi perhatian khusus masyarakat internasional. Itu seukuran lapangan sepak bola, cukup besar untuk menampung 3.000 sentrifugal, tetapi kecil untuk membuat pejabat AS mencurigainya memiliki tujuan militer ketika mereka mengungkap situs tersebut ke publik pada tahun 2009. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home