Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:07 WIB | Senin, 05 Oktober 2015

ISIS Hancurkan Arch of Triumph di Palmyra Suriah

Ilustrasi. Situs terkenal Arch of Triumph di kota kuno Suriah Palmyra yang dihancurkan oleh ISIS. (Foto: Rex Features)

BEIRUT, SATUHARAPAN.COM – Militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) telah meledakkan salah satu situs terkenal Arch of Triumph di kota kuno Suriah yaitu Palmyra, kata kepala urusan barang antic negara itu pada hari Senin (5/10).

ISIS telah melakukan kampanye mereka untuk meruntuhkan  situs warisan budaya di wilayah kekuasaan mereka.

“Kami sudah menerima berita dari situs tersebut bahwa Arch of Triumph telah dihancurkan kemarin (Minggu). ISIS telah meledakkannya beberapa pekan yang lalu,” kata direktur urusan barang-barang antik, Maamun Abdulkarim, kepada AFP.

ISIS terus melancarkan upaya penghancuran situs-situs warisan dunia di beberapa wilayah yang berada di bawah kontrol mereka di Suriah serta Irak, dan pada pertengahan Agustus mereka telah memenggal mantan kepala badan urusan barang-barang antik yang berusia 82 tahun.

Para militan itu sudah menghancurkan Kuil Baal Shamin dan Kuil Bel yang berusia 2.000 tahun, yang dianggap sebagai maha karya Palmyra, sejak menduduki benteng pada Mei.

Arch of Triumph merupakan ikon Palmyra, kata Abdulkarim, yang memperingatkan bahwa para pejuang ISIS sudah memasang bahan peledak di beberapa monumen lainnya.

“Ini adalah penghancuran sistematis kota. Mereka ingin meruntuhkan semuanya,” ujarnya.

“Mereka ingin menghancurkan amfiteater, deretan pilar. Kami takut mereka akan menghancurkan seluruh kota,” tambahnya. Ia menyerukan agar komunitas internasional menemukan cara untuk menyelamatkan Palmyra. (AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home