Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 09:56 WIB | Senin, 08 Juli 2013

Israel dan Palestina Bahas Soal Air, Karena Terkait Perdamaian

Orang Palestina, Israel, dan Yordania berbagi air. (Foto: Thomson Reuters Foundation)
ISRAEL, SATUHARAPAN.COM - Di bawah naungan Kedutaan Besar Perancis di Israel, Para ilmuwan dari Perancis, Tepi Barat, Gaza, Yordania dan Israel melakukan perjalanan ke selatan kota Sde Boker untuk membahas masalah umum produksi air. Seperti dilansir dari situs berita Israel Yedioth Ahronoth pada hari Sabtu (6/7).
 
"Air dapat menjadi masalah bagi perdamaian atau konflik," kata duta besar Prancis untuk Israel, Christophe Bigot.
 
"Tentu saja air sangat langka, sangat jarang di daerah ini, dan tentu saja air harus dibagi dengan semua orang wilayah ini. Jadi mereka mungkin juga berjuang untuk mendapatkannya atau mereka dapat bekerja sama."
 
"Kerjasama jelas ini adalah cara yang kami sebarkan, dan saya pikir jika anda melihat sejarah dari masalah ini, orang-orang bekerjasama untuk air jauh lebih banyak sebelum berada di posisi untuk membuat perdamaian. Jadi air dan bekerja di atas air juga bisa menjadi cara menyebarkan perdamaian. "
 
Salah satu mitra utama adalah Profesor Yusuf Abu Mayla dari Gaza yang menyadari jika ini tidak mulai dari sekarang akan menyebabkan bencana ke depan bagi semua yang terlibat.
 
"Saya pikir mengenai masalah air, semua orang di seluruh dunia harus berbicara bersama karena air harus dibagi," katanya. "Tidak ada yang bisa memiliki air sendiri. Kami berbagi air dengan orang Israel, kita memiliki air bersama dengan orang Mesir, kami telah berbagi air antara orang Israel dan orang Yordania, antara semua negara bersama-sama di wilayah itu."
 
"Saya pikir penting untuk duduk, berbicara, saling bertemu dan kemudian membicarakan beberapa masalah baru, teknik baru atau sesuatu untuk menerapkan sesuatu seperti itu. Tetapi itu benar-benar sangat penting untuk memperbaiki situasi di lapangan. Ini benar-benar sangat penting bagi semua ilmuwan dan staf akademik untuk berbicara bersama tentang masalah-masalah akademis dan teknis yang saya pikir sangat penting bagi masa depan kita. "
 
Untuk setiap pertemuan seperti ini terjadi, harus ada seseorang yang percaya bahwa dia bisa memindahkan gunung untuk meyakinkan semua orang yang terlibat itu bisa dilakukan. Dalam hal ini adalah Profesor Eilon Adar dari Universitas Ben-Gurion yang telah melakukan dengan segala daya kemampuannya untuk membuat konferensi air ini menjadi kenyataan.
 
"Kami adalah mitra, mitra ilmiah yang nyata, mitra praktis selama bertahun-tahun, terlepas dari apa yang terjadi," katanya. "Terlepas dari kesulitan politik, kami terus bekerja sama. Sayangnya tidak sangat dekat baru-baru ini, tetapi kami masih bekerja bersama-sama dan ini saya pikir contoh terbaik yang kita bisa. Saya pikir itu adalah penting.
 
"Dalam filosofi saya, kami harus melakukan yang terbaik yang kami bisa untuk berbicara dengan bahasa ilmiah profesional yang sama, dan untuk itu anda harus terus bekerja sama Saya berharap bahwa kadang-kadang di masa depan, sangat dekat, beberapa kesepakatan akan tercapai Para profesional seperti sebagai hidrologis di Gaza, Israel, Palestina, Tepi Barat, akan datang dengan jalan keluar masuk akal atau nampak untuk sumber daya air.
 
"Air tidak mengenal batas-batas internasional, sehingga sesuatu harus dilakukan tentang itu. Sekarang, saya lebih memilih bahwa masalah ini akan disepakati kalangan profesional sehingga kita akan mampu menyediakannya bagi para politisi dengan benar, fakta realistis tentang masalah air. Biarlah para politisi kemudian menggunakan informasi yang solid, bersepakat di antara para profesional, di antara para ilmuwan, insinyur.
 
"Itu adalah misi. Itulah mengapa saya bekerja sangat keras untuk menjaga hubungan ini aktif ilmiah, hidup. Hal ini tidak mudah tetapi bisa dilakukan."
 
Hal ini benar-benar inspiratif untuk melihat berapa banyak yang dapat dicapai ketika para ilmuwan berkumpul untuk memecahkan masalah umum tanpa melibatkan pertikaian politik.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home