Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 09:38 WIB | Jumat, 15 Maret 2024

Utusan PBB Meyakini Hamas Lakukan Kekerasan Seksual pada Serangan 7 Oktober

Lokasi festival musik Supernova dekat perbatasan Jalur Gaza di Israel selatan terlihat pada 12 Oktober 2023. Setidaknya 360 pengunjung festival Israel tewas dalam serangan teroris Hamas pada 7 Oktober. (Foto: Ohad Zwigenberg/AP)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Utusan PBB (Perserikatan Bangsa-bangsa) yang berfokus pada kekerasan seksual dalam konflik mengatakan dalam sebuah laporan baru pada hari Senin (4/3) bahwa ada “alasan yang masuk akal” untuk percaya bahwa Hamas melakukan pemerkosaan, “penyiksaan seksual,” dan perlakuan kejam dan tidak manusiawi lainnya terhadap perempuan selama serangan mendadak di wilayah Israel selatan pada 7 Oktober.

Ada juga “alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa kekerasan semacam itu mungkin sedang berlangsung,” kata Pramila Patten, yang mengunjungi Israel dan Tepi Barat dari 29 Januari hingga 14 Februari dengan tim teknis beranggotakan sembilan orang.

Berdasarkan laporan langsung dari para sandera yang dibebaskan, dia mengatakan tim “menemukan informasi yang jelas dan meyakinkan” bahwa beberapa perempuan dan anak-anak selama mereka disandera menjadi sasaran kekerasan seksual terkait konflik yang sama termasuk pemerkosaan dan “penyiksaan seksual.”

Laporan ini muncul hampir lima bulan setelah serangan 7 Oktober, yang menyebabkan sekitar 1.200 orang tewas dan sekitar 250 lainnya disandera. Perang Israel melawan Hamas telah menghancurkan Jalur Gaza, menewaskan lebih dari 30.000 orang, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. PBB mengatakan seperempat dari 2,3 juta penduduk Gaza menghadapi kelaparan.

Hamas telah membantah tuduhan sebelumnya bahwa para pejuangnya melakukan pelecehan seksual.

Patten menekankan pada konferensi pers peluncuran laporan bahwa kunjungan tim tersebut bukan untuk menyelidiki tuduhan kekerasan seksual tetapi untuk mengumpulkan, menganalisis dan memverifikasi informasi untuk laporan tahunan Sekretaris Jenderal Antonio Guterres tentang kekerasan seksual dalam konflik dan untuk Dewan Keamanan PBB.

Rekomendasi utamanya adalah mendorong Israel untuk memberikan akses kepada ketua hak asasi manusia PBB dan Komisi Penyelidikan Internasional Independen mengenai wilayah Palestina dan Israel “untuk melakukan penyelidikan penuh atas dugaan pelanggaran tersebut” – dan dia menyatakan harapannya kepada Dewan Keamanan akan melakukan ini.

Patten mengatakan tim tersebut tidak dapat bertemu dengan korban kekerasan seksual “meskipun ada upaya bersama untuk mendorong mereka untuk melapor.” Meskipun jumlah korban masih belum diketahui, katanya, “sejumlah kecil dari mereka yang menjalani perawatan dilaporkan mengalami tekanan mental dan trauma yang parah.”

Namun, anggota tim mengadakan 33 pertemuan dengan lembaga-lembaga Israel dan melakukan wawancara dengan 34 orang termasuk orang-orang yang selamat dan saksi serangan 7 Oktober, sandera yang dibebaskan, penyedia layanan kesehatan dan lain-lain.

Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, Patten mengatakan, “ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa kekerasan seksual terkait konflik terjadi selama serangan 7 Oktober di beberapa lokasi di pinggiran Gaza, termasuk pemerkosaan dan pemerkosaan berkelompok, setidaknya di tiga lokasi.”

Di berbagai lokasi, katanya, tim menemukan “beberapa tubuh telanjang atau setengah telanjang dari pinggang ke bawah ditemukan – kebanyakan perempuan – dengan tangan terikat dan ditembak berkali-kali, seringkali di kepala.”

Meskipun hal ini bersifat tidak langsung, ia mengatakan pola membuka pakaian dan menahan korban “mungkin merupakan indikasi beberapa bentuk kekerasan seksual.”

Di festival musik Nova dan sekitarnya, Patten mengatakan, “ada alasan yang masuk akal untuk percaya bahwa banyak insiden kekerasan seksual terjadi dengan korban menjadi sasaran pemerkosaan dan/atau pemerkosaan berkelompok dan kemudian dibunuh atau dibunuh saat diperkosa.”

“Ada laporan lebih lanjut tentang individu yang menyaksikan setidaknya dua insiden pemerkosaan terhadap mayat perempuan,” kata Patten. “Sumber kredibel lainnya di lokasi festival musik Nova menggambarkan melihat beberapa orang dibunuh, sebagian besar perempuan, yang tubuhnya ditemukan telanjang dari pinggang ke bawah, beberapa telanjang bulat,” beberapa ditembak di kepala, beberapa diikat ke pohon atau tiang dengan tangan terikat.

Di Jalan 232 – jalan untuk meninggalkan festival – “informasi yang dapat dipercaya berdasarkan keterangan saksi menggambarkan insiden pemerkosaan terhadap dua perempuan oleh unsur bersenjata,” kata Patten. Pemerkosaan dan pemerkosaan berkelompok lainnya yang dilaporkan tidak dapat diverifikasi dan memerlukan penyelidikan.

“Di sepanjang jalan ini ditemukan beberapa jenazah dengan luka di bagian kelamin, serta luka di bagian tubuh lainnya,” katanya. “Pola mutilasi alat kelamin yang jelas belum dapat diverifikasi saat ini, namun memerlukan penyelidikan di masa depan.”

Dia mengatakan “tim misi juga menemukan pola tubuh telanjang atau sebagian telanjang dari pinggang ke bawah, dalam beberapa kasus diikat pada bangunan termasuk pohon dan tiang, di sepanjang Jalan 232.”

Orang-orang yang melarikan diri dari festival musik Nova juga berusaha melarikan diri ke selatan dan mencari perlindungan di dalam dan sekitar kibbutz Reim di mana Patten mengatakan ada “alasan yang masuk akal” untuk percaya bahwa kekerasan seksual telah terjadi di sana.

Tim misi memverifikasi pemerkosaan terhadap seorang perempuan di luar tempat perlindungan bom dan mendengar tuduhan pemerkosaan lainnya yang belum dapat diverifikasi.

Di Kibbutz Be’eri, kata Patten, timnya “dapat menentukan bahwa setidaknya dua tuduhan kekerasan seksual yang diulang-ulang secara luas di media, tidak berdasar, baik karena adanya informasi baru yang menggantikan atau adanya ketidakkonsistenan dalam fakta yang dikumpulkan.”

Ini termasuk tuduhan yang dipublikasikan secara luas bahwa seorang perempuan hamil dilaporkan dirobek sebelum dibunuh dan janinnya ditusuk di dalam dirinya, kata Patten.

Yang lainnya adalah “interpretasi yang awalnya dibuat mengenai tubuh seorang gadis yang ditemukan terpisah dari anggota keluarganya yang lain, dalam keadaan telanjang dari pinggang ke bawah,” katanya. “Telah ditentukan oleh tim misi bahwa tempat kejadian telah diubah oleh pasukan penjinak bom dan mayat-mayat tersebut dipindahkan, menjelaskan pemisahan tubuh gadis itu dari seluruh keluarganya.”

Patten mengatakan penyelidikan lebih lanjut diperlukan atas tuduhan, termasuk mayat yang ditemukan telanjang dan dalam satu kasus disumpal, di kibbutz Be’eri untuk menentukan apakah kekerasan seksual memang terjadi.

Di Kibbutz Kfar Aza, kata Patten, verifikasi kekerasan seksual tidak mungkin dilakukan. Namun dia mengatakan “informasi tidak langsung yang tersedia – terutama pola berulang dari korban perempuan yang ditemukan dalam keadaan telanjang, terikat, dan ditembak – menunjukkan bahwa kekerasan seksual, termasuk potensi penyiksaan seksual, atau perlakuan kejam, tidak manusiawi dan merendahkan martabat, mungkin telah terjadi.”

Pada tanggal 7 Oktober, Pangkalan Militer Nahal Oz, yang beroperasi sebagai pusat sinyal intelijen dan pemantauan pagar perimeter Gaza, juga dibobol oleh Hamas dan “sejumlah besar” tentara pria dan wanita yang ditempatkan di sana tewas, dan tujuh orang tewas, tentara perempuan muda diculik dan dibawa ke Gaza, kata Patten.

Patten menekankan bahwa “prevalensi sebenarnya dari kekerasan seksual selama serangan 7 Oktober dan setelahnya mungkin memerlukan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk muncul dan mungkin tidak pernah diketahui sepenuhnya.” (AP/Arab News)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home