Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:24 WIB | Senin, 06 April 2015

Italia Selamatkan 1.500 Migran di Mediterania dalam Sehari

Migran tiba di pelabuhan Lampedusa di perahu dari Costiera Guardia setelah operasi penyelamatan di lepas pantai Sisilia. (Foto: AFP/Guardia Costiera)

ROMA, SATUHARAPAN.COM – “Sekitar 1.500 migran yang mencoba melintasi Mediterania ke Italia, dengan lima kapal berbeda diselamatkan dalam satu hari,” kata  penjaga pantai pada Minggu (5/4).

Empat kapal penjaga pantai dan sebuah kapal angkatan laut Nigeria pada Sabtu (4/4), mencegat untuk menyelamatkan tiga kapal besar yang mengangkut migran di lepas pantai Libya setelah mencegat panggilan bahaya dari telepon satelit, hanya untuk menemukan dua kapal migran lainnya yang tengah mengalami kesulitan area terdekat.

Kapal Italia pada Minggu (5/4),  mengirim migran tersebut ke pulau Lampedusa dan pelabuhan Augusta dan Porto Empedocle di Sisilia.

Dalam sebuah insiden terpisah pada Sabtu, 318 migran dibawa ke pelabuhan Pozzallo di Sisilia setelah diselamatkan di lepas pantai Libya oleh kapal angkatan laut Islandia yang ambil bagian dalam patroli untuk badan perbatasan Uni Eropa, Frontex.

“Migran tersebut di antaranya terdapat 14 anak dan lima perempuan hamil,” kata pihak berwenang.

Jumlah migran yang memasuki Uni Eropa secara ilegal pada 2014, hampir tiga kali lipat menjadi 276.000 orang, menurut Frontex, hampir 220.000 di antaranya tiba melalui Mediterania.

Situasi kacau di Libya telah memicu lonjakan kapal migran yang menuju Eropa dan mengangkut pengungsi yang melarikan diri dari konflik dan kemiskinan di Timur Tengah dan Afrika. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home