Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 15:24 WIB | Jumat, 13 November 2015

IWUF Tunggu Partisipasi Banyak Negara di Universiade

IWUF Tunggu  Partisipasi Banyak Negara di  Universiade
Sekretaris Jenderal International Wushu Federation, Liu Beijian memberi pemaparan laporan tanggung jawab pada Kongres Wushu Dunia (13th IWUF Congres) hari Jumat (13/11) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. (Foto-foto: Prasasta Widiadi).
IWUF Tunggu  Partisipasi Banyak Negara di  Universiade
Suasana Kongres Wushu Dunia (13th IWUF Congres) hari Jumat (13/11) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Federasi Wushu Internasional (IWUF) mengharapkan lebih banyak negara berpartisipasi di ajang olahraga multi even yang digelar khusus untuk mahasiswa, Universiade, karena wushu untuk kali pertama dipertandingkan pada Universiade ke-29 yang akan diselenggarakan di Taiwan pada 2017 mendatang.

“Kami (IWUF, Red) sudah mempopulerkan cabang olahraga ini (Wushu, Red) ke berbagai perguruan dan  tinggi di beberapa negara Asia, dengan harapan banyak peminat dan dapat berpartisipasi di Universiade,” kata Sekretaris Jenderal IWUF, Liu Beijian pada Kongres Wushu Dunia ke-13 di Assembly Hall, Jakarta Convention Center, Jakarta, hari Jumat (13/11).

Liu menjelaskan bahwa beberapa bulan yang lalu IWUF telah menandatangani kesepakatan dan kesepahaman bersama dengan Federasi Olahraga  Tingkat  Perguruan Tinggi Dunia, ISUF (International University Sports Federation). Dalam nota kesepakatan dan kesepahaman tersebut  wushu akan dipertandingkan di Universiade untuk kali pertama.

Catatan Wikipedia menyebut Universiade merupakan ajang olahraga multieven bagi olahragawan di tingkat perguruan tinggi di seluruh dunia. Organisasi yang membawahi Universiade adalah ISUF.

“Apabila ajang tersebut mendapat tanggapan baik dari IOC (Komite Olimpiade Internasional, Red) maka kemungkinan akan dipertandingkan di olimpiade,” dia menjelaskan.

“Kami (IWUF, Red) telah menjalin kerja sama dengan berbagai universitas di Tiongkok, dan saat ini kami mempopulerkan wushu yang kebanyakan kami lakukan di Tiongkok, dan sudah kami promosikan di Korea Selatan, dan Jepang,” dia menambahkan.

Liu menjelaskan promosi tersebut digalakkan IWUF melalui kerja sama dengan institusi kementerian di negara tertentu, yang dilakukan sebagai bagian dari promosi budaya RRT (Republik Rakyat Tiongkok).

Dalam Kongres Wushu Dunia ke-13 turut hadir Presiden IWUF  Yu Zaiqing, lima Wakil Presiden IWUF, anggota panel tetap IWUF, perwakilan dari 93 organisasi wushu negara-negara yang berpartisipasi di Kejuaraan Dunia Wushu 2015.  

Kejuaraan Dunia Wushu 2015

Sehubungan dengan Kejuaraan Dunia Wushu 2015 di Jakarta, Liu mengatakan IWUF berupaya semaksimal mungkin mempopulerkan even ini dengan menyiarkan langsung lewat tayangan streaming (dapat dinikmati di Internet) di kanal Wushu TV, yang dapat diakses dari  situs resmi Federasi Wushu International (IWUF), iwuf.org.

“Setiap kejuaraan wushu berskala dunia, kami selalu berusaha menampilkan tayangannya di Wushu TV, sehingga  wushu dapat dikenal lebih banyak,” kata Liu.

Tidak hanya itu, namun Liu menambahkan saat ini IWUF  juga memiliki situs dan media sosial yang membantu para penggemar wushu untuk berbagi saran dan ide bagi perkembangan wushu.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home