Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 15:07 WIB | Minggu, 11 Mei 2014

Jacob Zuma Dedikasikan Kemenangan Pemilu untuk Mandela

Afrika Selatan - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma merayakan kemenangan African National Congress dalam pemilu nasional 10 Mei 2014 di Johannesburg. Zuma mendedikasikan kemenangan ANC-nya dalam pemilu pekan ini untuk Nelson Mandela. (Foto: AFP)

JOHANNESBURG, SATUHARAPAN.COM - Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma mendedikasikan kemenangan ANC dalam pemilu pekan ini untuk Nelson Mandela, 20 tahun sejak pelantikan mendiang pemimpin pembebasan itu.

"Kami mendedikasikan kemenangan kami untuk mengenang Madiba, dan berjanji untuk terus maju meneruskan warisan serta teman-teman dan penerusnya," kata Zuma Sabtu (10/5), menggunakan nama klan Mandela.

Raihan 62,15 persen suara bagi partai merupakan sebuah "mandat luar biasa" untuk jangka waktu lima tahun di pemerintahan sejak berakhirnya kekuasaan minoritas kulit putih, kata Zuma, berbicara secara terbuka untuk pertama kalinya mengenai hasil perolehan suara.

Nostalgia untuk si bapak bangsa, yang meninggal Desember lalu, membantu membawa dukungan perolehan suara untuk partai yang berkuasa dalam pemilihan Rabu mesikipun dililit dugaan skandal korupsi, meningkatnya angka pengangguran dan stagnasi perekonomian.

Menandai dua dekade sejak Mandela menjadi presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan, Zuma berkata, "Kemenangan ini juga menegaskan kembali bahwa ANC tetap satu-satunya harapan sejati bagi sebagian besar rakyat kita, terutama kaum miskin dan kelas pekerja."

Perolehan suara memastikan partai berkuasa ANC menduduki 249 kursi di parlemen yang terdiri atas 400 anggota, sementara perolehan 22,23 persen yang diraih oposisi utama Aliansi Demokratik (DA) memberinya jatah 89 kursi di parlemen. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home