Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Endang Saputra 15:02 WIB | Selasa, 15 Desember 2015

Jakarta Smart City Forum: Melangkah Bersama Membangun Jakarta

Gubernur DKI, Basuki Thahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI, Basuki Thahaja Purnama atau Ahok mengatakan dengan Inisiatif Jakarta Smart City Forum menginjak usia satu tahun. Banyak pencapaian telah dicapai, namun masih banyak mimpi besar yang harus diwujudkan.

Untuk itu, kata Ahok dalam memperingati satu tahun pencanangan Jakarta Smart City, Pemerintah Provinsi Jakarta menyelenggarakan acara Jakarta Smart City Forum 2015. Pada acara tersebut, Pemprov DKI akan menunjukkan pencapaian yang berhasil dilakukan dalam satu tahun terakhir, sambil memaparkan rencana inisiatif Jakarta Smart City ke depan.

Inisiatif Jakarta Smart City adalah usaha Pemprov DKI dalam mewujudkan Jakarta sebagai kota yang nyaman bagi warga.

"Saya bermimpi inisiatif smart city ini bisa membuat warga Jakarta hidup lebih nyaman," kata Ahok menyambut acara Jakarta Smart City Forum ini, di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, hari Selasa (15/12).

Ahok juga menambahkan, inisiatif Jakarta Smart City juga akan memudahkan Pemprov DKI mengambil keputusan karena terciptanya keterbukaan informasi.

Setelah setahun, inisiatif Jakarta Smart City sendiri telah menorehkan pencapaian yang menggembirakan. Beberapa pencapaian yang telah berhasil dilakukan adalah. Merilis aplikasi resmi Pemprov DKI seperti Jakarta Smart City Apps dan Jakarta Smart City Portal

Kemudian, kata Ahok menggandeng partner untuk merilis aplikasi seputar aktivitas di Jakarta, seperti Qlue (aplikasi untuk melaporkan berbagai masalah yang ditemui masyarakat di Jakarta), Qlue Transit (aplikasi untuk mengecek lokasi bis Transjakarta), Ruangguru (aplikasi mencari guru pribadi), serta iJakarta (perpustakaan digital)

Menyediakan API untuk developer mengembangkan aplikasi untuk peningkatan pelayanan publik (Civic Apps)

Sementara itu, Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Jakarta Smart City Setiaji menambahkan bahwa dalam waktu dekat, Pemprov DKI juga akan mengenalkan command center di Gedung Balaikota Blok B Lt.3.

"Fasilitas ini tidak saja berfungsi sebagai ruang operasional Jakarta Smart City, namun juga akan dimanfaatkan pula untuk inkubator, pusat analisis data, dan destinasi wisata," kata Setiaji.

Acara Jakarta Smart City Forum 2015 yang diselenggarakan Pemprov DKI bekerjasama dengan IT Media ini juga didukung semua pihak yang ingin membantu Pemprov mewujudkan Jakarta sebagai kota pintar. Dari penyedia solusi teknologi informasi , dukungan datang dari Indosat Ooredoo, Hewlett Packard Enterprise,  NetApp, dan Cisco.  Sementara  dari pihak developer, hadir perwakilan dari berbagai komunitas developer lokal, seperti Qlue, Ruangguru.com, qraved.com, ijakarta, jexplore, apaja.com, sisdukcapil, kwikku.com, Blogid.me, Sistask, zohib.com, Ragunan Zoo, Parkirmu, dan Gandeng Tangan. Acara ini juga didukung media yang tergabung di dalam Group IT Media, Gramedia Majalah,  Kompas Gramedia.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home