Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 20:41 WIB | Jumat, 20 September 2013

Jalan Tol Pertama di Bali Diresmikan Senin Besok

Jalan tol Bali merupakan jalan tol pertama di Bali, sebagian besar merupakan jembatan laying yang melintasi teluk Benoa. (Foto: setkab.go.id)

BALI, SATUHARAPAN.COM - Ruas jalan tol baru dan pertama yang ada di Bali yaitu jalan tol Bali ruas Ngurah Rai -Tanjung Benoa – Nusa Dua, Bali, akan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Senin (23/9) mendatang. Menurut Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto jalan tol ini penting untuk pengembangan pariwisata dan perekonomian Bali.

Menurut Djoko Kirmanto pada Jumat (20/9), jalan tol yang melintas di atas teluk benoa ini sesuai dengan arah kebijakan penataan ruang dalam upaya mendorong pembangunan di kawasan perkotaan Denpasar, Badung, Gianyar, Tabanan (SARBAGITA) sebagai salah satu Pusat Kegiatan Nasional serta mendukung pengembangan kawasan andalan Bali selatan.

Jalan tol ini memiliki panjang sekitar 12,7 km, dimana sekitar 10 km berada di atas laut, dan menelan dana investasi sebesar Rp 2,4 triliun. Jalan tol Bali akan menghubungkan Pelabuhan Benoa, Bandar Udara Internasional Ngurah Rai, dan Nusa Dua.

"Jalan Tol ini diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas pada Jalan Bypass Ngurah Rai menuju Nusa Dua yang merupakan satu-satunya jalan dari Denpasar ke kawasan pariwisata Nusa Dua - Benoa – Bandar Udara Ngurah Rai," tambah Menteri PU.

Jalan Tol Ngurah Rai-Tanjung Benoa-Nusa Dua tersebut diharapkan memperkuat peran Bandar Udara Ngurah Rai sebagai gerbang penghubung untuk ibukota provinsi Bali dan kawasan pengembangan ekonomi dan pariwisata, serta memperkuat peran Pelabuhan Benoa sebagai pusat distribusi barang di Bali, pelayanan angkutan penumpang dan fungsi pertahanan keamanan. (setkab.go.id)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home