Loading...
EKONOMI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 17:08 WIB | Selasa, 26 April 2016

Jelang Ramadan, Jokowi Minta Harga Sembako Turun

Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas membahas persiapan Idul Fitri 1437 Hijriah, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, hari Selasa (26/4). (Foto: Biro Pers Istana Presiden)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Joko Widodo meminta ketersediaan bahan kebutuhan pokok, seperti beras, minyak, dan daging, dapat dijaga jelang Bulan Suci Ramadan. Dia pun meminta, harga ketiga bahan kebutuhan pokok tersebut diturunkan.

"Lebaran sudah dekat, kurang lebih 2,5 bulan lagi. Hal-hal yang sudah jadi rutinitas kita yang tiap lebaran naik, kita coba jungkir balikkan jadi harganya turun," kata Jokowi saat membuka rapat terbatas membahas persiapan Idul Fitri 1437 Hijriah, di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, hari Selasa (26/4).

Orang nomor satu di Indonesia itu pun membahas masalah harga daging sapi yang senantiasa melonjak saat memasuki Bulan Suci Ramadan. Pada tahun ini, Jokowi meminta harga daging sapi maksimal di angka 87 ribu rupiah.

"Beras juga, karena pas panen raya, seharusnya juga sama, harganya juga bisa diturunkan," katanya.

Arus Mudik

Lebih lanjut, Jokowi meminta persiapan di sektor transportasi, yakni sarana dan prasarana penunjang arus mudik Lebaran 2016. Mulai dari ketersediaan bahan bakar minyak (BBM), tranportasi menuju daerah tujuan mudik, hingga penanganan macet.

"Tahun ini kemacetan di jalur mudik yang jadi masalah klasik kita kurangi, kalau bisa dihilangkan. Oleh sebab itu aspek kualitas di bidang pelayanan, keselamatan, dan kenyamanan penumpang harus kita perhatikan," katanya.

Sememtara, terkait tranportasi menuju daerah tujuan mudik, Jokowi meminta Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mencegah kemacetan jelang pintu tol. "Saya kira di negara lain sudah tidak ada pakai gerbang tol, semua pakai aplikasi-aplikasi sensorik yang dihubungkan akun di bank," ujar dia.

"Saya kira model seperti itu yang harus kita lakukan," Jokowi menambahkan.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home