Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:54 WIB | Jumat, 23 September 2016

Jemaah Haji Gelombang Dua Bergerak ke Madinah

Jemaah haji di Kabah, Mekah, Arab Saudi, 9 September 2016. Ibadah haji dimulai pada 10 September dengan lebih dari satu juta umat muslim telah tiba di Arab Saudi untuk melakukan proses ibadah haji. (Foto: AFP)

MEKKAH, SATUHARAPAN.COM – Sebanyak 15 kloter jemaah haji Indonesia gelombang kedua mulai diberangkatkan hari Kamis (22/9) menuju Madinah, Arab Saudi. Mereka akan tinggal selama 8 - 9 hari di sana untuk menjalankan prosesi ibadah Arbain (salat wajib berjamaah selama 40 waktu berturut-turut) di Masjid Nabawi.

 “Ada sepuluh bus Rabitat Mekkah. Dijadwalkan berangkat jam 11 siang, namun jam sepuluh sudah tiba di sini. Sampai Madinah sekitar jam empat sore,” kata Petugas Transportasi Antar Kota Sektor 4, Ben Cipto, Kamis (22/9).

Dengan berdasar kepada pantauan Tim Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama, pemberangkatan perdana dilakukan jemaah asal kloter 35 Embarkasi Surabaya (SUB 035) dilakukan mulai pukul 07.30 waktu setempat. Mereka berangkat dari Hotel Safwat Al Bait 1 nomor 102 yang berada di wilayah Mahbas Jin. Disusul kemudan jemaah kloter 36 Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS 036) dari Hotel New Al Marwah di kawasan Aziziah.

Proses pemberangkatan kloter 37 Embarkasi Jakarta - Bekasi (JKS 037) berlangsung mulai pukul 09.30 waktu setempat  di Hotel Holiday Inn, Aziziah.

Ketua Kloter JKS 037 Ibnu Ahyani mengatakan total jemaah di kloternya berjumlah 447 orang. Satu jemaah wafat seminggu setelah tiba di Tanah Suci karena sakit komplikasi. "Insya Allah jemaah sudah siap untuk diberangkatkan ke Madinah. Ada yang sakit, biasa karena kondisi cuaca juga. Alhamdulillah sudah membaik," kata dia.

“Insya Allah rangkaian ibadah dari awal sampai akhir sudah dilaksanakan semua, sesuai aturan. Haji Wada juga sudah selesai semua tadi pagi,” kata Ahyani.

Hal sama ditegaskan oleh Ketua Rombongan (Karom) 2 Kloter JKS 037, Abdul Aziz. Menurutnya, anggota rombongannya sudah siap berangkat ke Madinah, bahkan sudah turun dari atas hotel. Sebagian tas bawaan sudah masuk ke dalam bus, tinggal koper besar yang akan dimasukan pihak bus. “Rombongan kami jumlah seluruhnya ada 45. Sampai saat ini masih utuh, tidak ada yang sakit dan meninggal. Semua sehat,” kata dia.

Abdul Aziz menilai ibadah haji tahun ini berjalan dengan baik dan memuaskan, baik dari sisi bimbingan maupun layanan lainnya. Meski demikian, dia berharap ke depan bisa jauh lebih baik lagi. "Alhamdulillah rasanya senang. Mungkin tidak bisa dilupakan seumur hidup,” kata Abdul Aziz.

Hotel New Al Marwah dihuni 14 kloter. Tujuh kloter tiba di Mekkah pada gelombang pertama, sisanya adalah jemaah gelombang kedua. "JKS 037 merupakan kloter pertama gelombang kedua yang diberangkatkan ke Madinah dari pemondokan ini," terang penanggung jawab perumahan Hotel New Al Marwah, Fatkhurrazi. (kemenag.go.id)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home