Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 09:54 WIB | Senin, 15 Oktober 2018

Jepang Akan Bantu Rekonstruksi Daerah Bencana di Sulawesi

Foto udara kondisi Kota Palu pascagempa dengan magnitudo 7,4 SR, diambil Sabtu (29/9/2018). (Foto: Antara/BNPB)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Jepang akan membantu Indonesia menyusun rencana dasar bagi rekonstruksi Sulawesi yang mengalami gempa dan tsunami bulan lalu.

Shinichi Kitaoka, Kepala Badan Kerja Sama Internasional Jepang (JICA) dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro, menyepakati hal itu pada hari Minggu (14/10/2018).

Bencana gempa bumi dan tsunami pada tanggal 28 September telah menyebabkan lebih dari 2.000 orang meninggal dan menghancurkan kawasan-kawasan pantai termasuk Kota Palu. Gempa juga menyebabkan banyak gedung runtuh di kawasan pedalaman. Fenomena yang dikenal dengan likuifaksi mengubah tanah menjadi lumpur di banyak tempat. JICA akan mengirim tim pencari fakta ke Sulawesi.

Bambang menyatakan Indonesia dan Jepang keduanya adalah negara yang rawan gempa dan tsunami, dan Indonesia ingin belajar dari pengalaman Jepang membangun kembali kawasan bencana. Ia mengungkapkan harapannya JICA akan membantu membuat masyarakat lebih tahan menghadapi bencana alam. (nhk.or.jp)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home