Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:24 WIB | Minggu, 21 Agustus 2022

Jepang Akan Tempatkan 1.000 Rudal Jelajah Antisipasi Kemungkinan Serangan China

USS Florida meluncurkan rudal jelajah Tomahawk selama Giant Shadow di perairan lepas pantai Bahama dalam file foto yang diambil pada tahun 2003 dan dirilis ke Reuters pada 19 Maret 2011. (Foto ilustrasi: dok. Reuters)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Jepang sedang mempertimbangkan penempatan 1.000 peluru kendali (rudal) jelajah jarak jauh untuk meningkatkan kemampuan serangan baliknya terhadap China, menurut surat kabar Yomiuri melaporkan pada hari Minggu (21/8).

Rudal-rudal itu akan dimodifikasi dengan senjata yang ada untuk memperluas jangkauannya dari 100 km (62 mil) hingga 1.000 km, kata harian itu, mengutip sumber-sumber pemerintah.

Senjata, yang diluncurkan oleh kapal atau pesawat, akan ditempatkan terutama di sekitar pulau Nansei selatan dan mampu mencapai wilayah pesisir Korea Utara dan China, kata Yomiuri.

Perwakilan dari kementerian luar negeri Jepang tidak segera menanggapi permintaan komentar atas laporan tersebut.

Jepang, yang menafsirkan konstitusi pasca perang yang menolak perang berarti dapat menggunakan militernya hanya untuk membela diri, telah meningkatkan pengeluaran militernya dan mengambil strategi yang lebih tegas dalam beberapa tahun terakhir. Tetapi negara itu menahan diri untuk tidak mengerahkan rudal jarak jauh di antara batasannya pada senjata yang dapat menyerang sasaran di tanah asing.

Ketegangan regional meningkat bulan ini setelah kunjungan Nancy Pelosi, ketua Dewan Perwakilan Rakyat  (kongres) Amerika Serikat, ke Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri tetapi diklaim oleh China. Beijing meluncurkan rudal di dekat Taiwan dan ke zona ekonomi eksklusif Jepang. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home