Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 13:21 WIB | Jumat, 18 Juli 2014

Jepang dan Inggris Kerja Sama Kembangkan Teknologi Misil

Jepang dan Inggris untuk bersama-sama mengembangkan teknologi rudal untuk jet tempur (Foto: europeanforeignpolicy.eu)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM  – “Jepang, pada Kamis (17/7), mengatakan akan bekerja sama dengan Inggris untuk mengembangkan teknologi misil pada jet tempur, sementara juga akan mengekspor suku cadang buatan Jepang, untuk misil AS yang ditembakkan dari darat ke udara.

Keputusan tersebut muncul beberapa bulan, setelah Jepang mencabut larangan yang diberlakukan terhadap ekspor senjata, saat Perdana Menteri Shinzo Abe berupaya memperluas peran diplomatik dan militer Jepang di panggung dunia.

Ekspor tersebut akan menjadi yang pertama sejak tahun 1967 sejak negara sakura itu menyetujui kebijakan mencabut larangan ekspor senjata.

Penelitian gabungan dengan Inggris, berkaitan dengan proyek misil Eropa yang disebut Meteor, yang pada awalnya menekankan, tentang bagaimana teknologi Jepang saat ini bisa meningkatkan misil yang dikembangkan oleh Inggris, menurut pernyataan gabungan yang dikeluarkan oleh beberapa menteri, termasuk menteri luar negeri dan pertahanan Jepang.

Proyek Meteor yangmengembangkan misil , untuk pesawat Eurofighter itu dipimpin oleh pembuat misil Prancis-Inggris Matra BAe Dynamics (MBD), bersama dengan perusahaan Eropa lainnya.

“Kami yakin bahwa kami bisa menciptakan produk yang lebih canggih dengan menggabungkan teknologi terbaik dari Inggris dan Jepang,” ujar pejabat pertahanan Jepang dalam konferensi pers pada Kamis, (17/7) sore.

Seorang juru bicara untuk Kementerian Pertahanan Inggris menyambut baik proyek tersebut. Ia mengatakan, “Ini adalah cerminan positif dari level perkembangan kerja sama antara industri Inggris dan Jepang.” (AFP/Ant)   

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home