Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 21:03 WIB | Selasa, 22 Desember 2015

Jepang Deteksi Kapal Meriam Tiongkok di Kepulauan Sengketa

Pesawat Jepang melintasi kepulauan Senkaku. (Foto: midwestdiplomacy.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM – Jepang pada hari Selasa (22/12) untuk pertama kalinya mendeteksi sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok yang dilengkapi senjata mirip meriam dekat kepulauan sengketa di Laut China Selatan.

Jepang dan Tiongkok kerap bersengketa atas kepemilikan sejumlah pulau-pulau kecil tidak berpenghuni, saat kapal-kapal Tiongkok—mayoritas kapal penjaga pantai—dan pesawat terkadang mendekati wilayah tersebut untuk mendukung klaim Beijing dan menguji respons Jepang.

Namun, ini pertama kalinya Jepang mendeteksi sebuah kapal penjaga pantai Tiongkok dilengkapi senjata semacam itu, kata seorang juru bicara Penjaga Pantai Jepang (Japan Coast Guard).

Itu merupakan salah satu dari empat kapal penjaga pantai Tiongkok yang memasuki perairan sengketa Jepang dekat Kepulauan Senkaku pada hari Selasa, menurut pernyataan Penjaga Pantai Jepang, yang disertai sebuah foto kapal Tiongkok tersebut.

Jepang mengelola sejumlah kepulauan sengketa dengan nama tersebut, namun Tiongkok juga mengklaim dan menyebutnya sebagai Diaoyu.

“Kapal itu terlihat membawa empat senjata, dua di bagian depan dan dua lainnya di belakang, yang masing-masing terlihat mirip meriam,” kata juru bicara tersebut kepada AFP.

Kendati kapal itu tidak memasuki perairan yang dianggap Jepang sebagai wilayah perairannya di sekitar kepulauan tersebut, pejabat pemerintah menganggap unjuk kekuatan tersebut sebagai tindakan provokatif dan melayangkan protes kepada Tiongkok. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home