Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 15:10 WIB | Sabtu, 14 Desember 2013

Jepang Janjikan Bantuan dan Pinjaman Rp 239 Miliar kepada ASEAN

Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono bersalaman dengan Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe. (Foto: setkab)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe menjanjikan bantuan dana pinjaman 20 miliar dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 239,7 miliar kepada Asia Tenggara. Dia berharap, dana tersebut dapat mendorong ekspor dan meningkatkan persahabatan di wilayah tersebut.

"Bersama dengan ASEAN, saya ingin membangun masa depan Asia di mana hukum, bukan kekuasaan, aturan dan orang-orang yang bekerja keras akan dihargai - yang akan menciptakan masyarakat yang sejahtera dengan saling menghormati," kata  Shinzo Abe kepada partisipan peringatan 40 tahun kerjasama ASEAN dan Jepang, yang berlangsung di Geihinkan Akasaka Palace, pada Sabtu (14/12) di Tokyo, Jepang.

Terkait Sengketa Pulau

Pengumuman dana itu disampaikan menjelang pernyataan bersama pemimpin ASEAN, yang diharapkan di mana Tokyo mendapatkan dukungan dalam perselisihannya dengan China atas pulau yang disengketakan. Dana itu diharapkan dapat dilunasi selama lima tahun mendatang oleh negara-negara di Asia Tenggara.

Seperti diketahui, dua negara dengan ekonomi terbesar di Asia itu, Jepang dan China sedang terjebak dalam pertikaian atas kedaulatan rantai kecil dari kepulauan di Laut China Timur. Dalam kesempatan itu, Jepang ingin menghimpun dukungan untuk posisinya, yang menganggap Beijing semakin agresif. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home