Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:04 WIB | Minggu, 02 Februari 2020

Jepang Kirim Kapal Perusak ke Timur Tengah

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, (tengah), hari Minggu (2/2) berbicara dalam upacara untuk menandai keberangkatan kapal perusak "Takanami", dari Pasukan Bela Diri Jepang ke Timur Tengah. (Foto: dari AFP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM- Jepang mengirim kapal perusak angkatan lautnya ke Timur Tengah pada hari Minggu (2/2) untuk misi luar negeri yang jarang dilakukan dalam memastikan keselamatan kapal-kapal mereka di tengah-tengah ketegangan yang berkepanjangan antara Iran dan Amerika Serikat.

Kapal meninggalkan pangkalan angkatan laut Yokosuka, di selatan ibu kota Tokyo, untuk misi pengumpulan informasi di Teluk Oman, bagian utara Laut Arab dan bagian Teluk Aden, menurut laporan AFP.

Jepang sebelumnya memutuskan untuk tidak mengambil bagian dalam operasi yang dipimpin AS untuk melindungi rute pengiriman di wilayah tersebut.

"Mengamankan keselamatan kapal yang terkait dengan Jepang adalah tugas penting pemerintah," kata Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, kepada awak kapal berkapasitas 4.650 ton, Takanami, saat bersiap untuk meninggalkan pelabuhan.

Jepang yang miskin energi secara tradisional menikmati hubungan hangat dengan negara-negara Timur Tengah, termasuk Iran, karena ekonomi terbesar ketiga dunia ini sangat bergantung pada energi dari kawasan yang kaya sumber daya.

Abe telah mengadakan serangkaian pertemuan dengan para pemimpin Timur Tengah selama setahun terakhir, termasuk Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, dan Presiden Iran, Hassan Rouhani, dalam upaya untuk meredakan ketegangan yang meningkat antara Washington dan Teheran.

Editor : Sabar Subekti


Mitra Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
BPK Penabur
Back to Home