Loading...
HAM
Penulis: Prasasta Widiadi 06:49 WIB | Rabu, 09 November 2016

Jerman Bersedia Lindungi Warga Turki Korban Penindasan

Sekretaris negara di Kementerian Luar Negeri, Michael Roth. (Foto: reuters.com)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Jerman bersedia memberikan perlindungan bagi warga negara Turki yang ditindas secara politik oleh rezim Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan usai upaya kudeta, menurut pernyataan pejabat senior Jerman, Selasa (8/11).

“Para kritikus di Turki harus tahu bahwa pemerintah Jerman bersolidaritas dengan mereka,” kata sekretaris negara di Kementerian Luar Negeri, Michael Roth kepada surat kabar Die Welt.

“Jerman terbuka bagi mereka yang ditindas secara politik,” kata Roth.

Dia mengatakan mereka dapat mencari suaka di Jerman. Karena hal itu bukan hanya untuk jurnalis. Hubungan Turki dan Jerman memanas sejak upaya kudeta oleh militer Turki pada 15 Juli. Jerman berulang kali mengaku prihatin atas penangkapan massal terhadap para tersangka kudeta.

Jumat pekan lalu, Jerman memanggil duta besar Turki setelah belasan anggota parlemen dari partai pro-Kurdi ditahan. Kementerian Luar Negeri Jerman menegaskan Turki tidak semestinya memanfaatkan pemberantasan terorisme sebagai alasan membungkam oposisi.

Roth mengatakan “Peristiwa yang terjadi di Turki saat ini tidak sejalan dengan nilai-nilai Eropa, yakni aturan hukum, demokrasi dan kebebasan pers.” (AFP/Ant)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home