Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 10:25 WIB | Rabu, 28 Januari 2015

Jerman Naikkan Perkiraan Pertumbuhan 2015 Jadi 1,5 Persen

Mata uang Euro. (Foto: istimewa)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Jerman memperkirakan pertumbuhan ekonomi tahun ini sebesar 1,5 persen, lebih tinggi dari perkiraan awal, menurut laporan tahunan kementerian ekonomi yang diperoleh AFP, Selasa (27/1).

Awalnya, pemerintah mencatat pertumbuhan produk domestik bruto 1,3 persen untuk tahun ini setelah berekspansi 1,5 persen pada 2014.

“Untuk 2015, pemerintah memproyeksikan peningkatan rata-rata tahunan PDB 1,5 persen,” menurut laporan tersebut, yang dijadwalkan akan diumumkan secara resmi oleh kementerian pada Rabu (28/1).

Pertumbuhan akan mendapatkan momentum seiring berjalannya tahun ini, dan pada akhir tahun akan lebih kuat dari yang dicapai pada akhir 2014, menurut kementerian.

Tahun lalu, ekonomi Jerman, yang terbesar di Eropa, mencapai pertumbuhan kuat di kuartal pertama namun mengalami penurunan tajam di beberapa kuartal berikutnya.

“Momentum investasi, secara khusus, berada di bawah ekspektasi akibat pertumbuhan global yang mengecewakan dan risiko geopolitik yang meningkat,” ujar kementerian.

“Namun, dalam beberapa bulan terakhir pada tahun lalu terjadi pemulihan, sebagian besar didukung oleh bursa tenaga kerja yang menguat dan belanja konsumen yang meningkat,” menurut laporan tersebut.

Meningkatnya kepercayaan bisnis juga mendorong pemulihan tersebut, tambahnya. (AFP)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home