Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:49 WIB | Kamis, 20 April 2023

Jerman, Polandia dan Israel Peringati 80 Tahun Pemberontakan Ghetto Warsawa

Depan dari kanan, Presiden Polandia, Andrzej Duda, Agata Kornhauser-Duda, Presiden Israel, Isaac Herzog, Michal Herzog, Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier dan Elke Buedenbender, menghadiri resepsi peringatan 'Pemberontakan Ghetto Warsawa' di Warsawa, Polandia, Rabu, 19 April, 2023. Presiden dan penyintas Holocaust serta keturunan mereka memperingati 80 tahun Pemberontakan Ghetto Warsawa. Peringatan tersebut untuk menghormati ratusan pemuda Yahudi yang mengangkat senjata di Warsawa pada tahun 1943 melawan kekuatan luar biasa tentara Nazi Jerman. (Foto: AP/Czarek Sokolowski)

WARSAWA, SATUHARAPAN.COM-Para presiden dan penyintas Holocaust serta keturunan mereka memperingati 80 tahun Pemberontakan Ghetto Warsawa pada hari Rabu (19/4) dengan perasaan pedih bahwa tanggung jawab untuk meneruskan kenangan Holocaust diturunkan dari para saksi kepada generasi yang lebih muda.

Presiden Jerman, Frank-Walter Steinmeier, mengatakan pelajaran dari agresi negaranya sendiri menjadi pelajaran karena serangan Rusia terhadap Ukraina telah "menghancurkan fondasi tatanan keamanan Eropa kami".

“Anda di Polandia, Anda di Israel, Anda tahu dari sejarah Anda bahwa kebebasan dan kemerdekaan harus diperjuangkan dan dipertahankan. Anda tahu betapa pentingnya bagi demokrasi untuk mempertahankan dirinya sendiri,” kata Steinmeier pada upacara bersama presiden Isaac Herzog dari Israel dan Andrzej Duda dari Polandia.

“Tapi kami orang Jerman juga telah mempelajari pelajaran dari sejarah kami. 'Tidak pernah lagi' berarti tidak boleh ada perang kriminal agresi seperti Rusia melawan Ukraina di Eropa."

Peringatan tersebut untuk menghormati ratusan pemuda Yahudi yang mengangkat senjata di Warsawa pada tahun 1943 melawan kekuatan luar biasa tentara Nazi Jerman.

Tidak ada pejuang yang masih hidup. Marek Edelman, komandan terakhir yang masih hidup, meninggal pada tahun 2009. Dia tetap tinggal di Polandia dan membantu mengenang pemberontakan di tanah airnya. Simcha Rotem, seorang pejuang yang menyelundupkan orang lain keluar dari ghetto yang terbakar melalui terowongan limbah, meninggal pada tahun 2018 di Israel, tempat dia menetap.

Sejumlah kecil saksi lansia yang masih hidup saat ini sebagian besar adalah anak-anak pada saat pemberontakan.

Peringatan tersebut berlangsung di depan Memorial to the Ghetto Heroes di mana pertempuran meletus, dipimpin oleh tiga presiden yang negaranya selamanya dibentuk oleh Perang Dunia II.

Israel didirikan setelah perang untuk memberi orang Yahudi rumah di mana mereka akhirnya bisa aman setelah berabad-abad penganiayaan di Eropa.

Jerman, yang menimbulkan kematian dan kehancuran di wilayah luas yang didudukinya, telah mengakui kejahatannya dan menyatakan penyesalannya.

Steinmeier sekali lagi memohon pengampunan. “Sebagai Presiden Federal Jerman, saya berdiri di hadapan Anda hari ini dan tunduk pada para pejuang pemberani di ghetto Warsawa,” kata Steinmeier. "Aku tunduk pada orang mati dalam kesedihan yang mendalam."

Dan Polandia, tempat tinggal populasi Yahudi terbesar sebelum perang di Eropa dan yang diserbu dan mengalami kematian dan kehancuran massal, menjalankan tanggung jawabnya untuk melestarikan situs-situs seperti ghetto dan kamp kematian Auschwitz, sekaligus menghormati kerugian besar yang diderita seluruh bangsa. Sekitar enam juta warga Polandia terbunuh selama perang, sekitar tiga juta di antara mereka orang Yahudi dan yang lainnya kebanyakan orang Polandia Kristen.

“Presiden Duda yang terhormat, Presiden Herzog yang terkasih, banyak orang di kedua negara Anda, di Polandia dan di Israel, telah memberi kami rekonsiliasi Jerman meskipun ada kejahatan ini,” kata Steinmeier, menyebut bahwa “keajaiban rekonsiliasi” akan dipertahankan di masa depan.

Beberapa dari mereka yang berpartisipasi dalam perayaan hari Rabu melakukan perjalanan jauh dari Australia dan Amerika Serikat untuk menghormati mereka yang tewas, tetapi juga peradaban Yahudi yang kaya yang merupakan warisan mereka. Banyak yang mengadakan upacara pribadi mereka sendiri, memberikan penghormatan kepada mereka yang telah meninggal di pemakaman Yahudi atau di berbagai tugu peringatan di bekas tanah ghetto.

Avi Valevski, seorang profesor psikiatri dari Israel yang ayahnya, Ryszard Walewski, seorang dokter yang memimpin sekelompok 150 prajurit dalam pemberontakan, mengunjungi Warsawa bersama istrinya, menggambarkannya sebagai "lebih dari sekadar momen emosional".

Valevski, 72 tahun, bekerja untuk melanjutkan sejarah yang jarang dibicarakan ayahnya dengannya tetapi juga membawa beban emosional. Dia masih muda ketika ayahnya jatuh sakit dan meninggal pada tahun 1971, tetapi hari ini mempelajari dokumentasi yang ditinggalkan ayahnya, dan sedang mencoba untuk menerjemahkan salah satu ceritanya ke dalam bahasa Inggris dan diterbitkan.

"Dia cukup bangga dengan pertarungannya melawan 'binatang Nazi' - kata-katanya - tapi saya kira perasaan ketakutan memasuki jiwa saya sampai sekarang," kata Valevski.

Jerman menginvasi Polandia pada tahun 1939 dan tahun berikutnya mendirikan ghetto, yang terbesar dari sekian banyak ghetto di Polandia yang diduduki.

Awalnya menampung sekitar 380.000 orang Yahudi yang berdesakan di ruang hidup yang sempit, dan pada puncaknya menampung sekitar setengah juta jiwa. Penyakit dan kelaparan merajalela, dan mayat sering muncul di jalanan.

Gerakan perlawanan Yahudi di ghetto Warsawa berkembang setelah 265.000 pria, wanita, dan anak-anak ditangkap pada musim panas 1942 dan dibunuh di kamp kematian Treblinka. Saat kabar genosida Nazi menyebar, mereka yang tertinggal tidak lagi mempercayai janji Jerman bahwa mereka akan dikirim ke kamp kerja paksa.

Sekelompok kecil pemberontak mulai menyebarkan seruan untuk perlawanan, melakukan tindakan sabotase dan serangan yang terisolasi. Beberapa orang Yahudi mulai menentang perintah Jerman untuk melapor untuk deportasi.

Pemberontakan dimulai ketika Nazi memasuki ghetto pada 19 April 1943, menjelang liburan Paskah. Tiga hari kemudian, Nazi membakar ghetto, mengubahnya menjadi jebakan maut yang berapi-api, tetapi para pejuang Yahudi terus berjuang selama hampir sebulan sebelum mereka ditaklukkan secara brutal. Itu lebih lama dari beberapa negara bertahan.

“Saya orang New York tetapi ada sesuatu yang membuat saya kembali ke sini,” kata Barbara Jolson Blumenthal, yang orang tuanya selamat dari Ghetto Warsawa setelah orang Polandia membantu mereka melarikan diri dan bersembunyi di sisi kota “Arya”, sementara banyak anggota keluarga mereka yang dibunuh.

"Dan meskipun hal-hal mengerikan seperti itu terjadi di sini, saya ingat orang tua saya mengatakan bahwa mereka menyukainya, bahwa di sini sangat indah, dan saya berjalan-jalan dan saya bertanya-tanya apakah ini tempat keluarga saya dulu dan di mana mereka berjalan," kata Blumenthal. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home