Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 07:54 WIB | Rabu, 06 April 2022

Jerman Tutup Server Hydra, Pasar Gelap Berbahasa Rusia

Server yang dioperasikan oleh platform Dark Web. (Foto: dok. Ist)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Polisi Jerman mengatakan bahwa mereka telah menutup server dari pasar gelap terbesar di dunia Hydra, dan menyita bitcoin senilai 23 juta euro (US$ 25 juta).

Tersangka sedang diselidiki karena "mengoperasikan platform perdagangan kriminal di internet secara komersial," kata polisi federal BKA dalam sebuah pernyataan, hari Selasa (5/4). Pernyataan itu berjudul "pasar gelap 'Pasar Hydra' ditutup."

Investigasi pasar ilegal Rusia dimulai pada Agustus 2021 dan juga melibatkan beberapa otoritas Amerika Serikat, kata BKA.

Didirikan pada tahun 2015, Hydra melayani pasar berbahasa Rusia, menjual narkotika tetapi juga mencuri data kartu kredit, mata uang palsu dan dokumen identitas palsu, menutupi identitas mereka yang terlibat menggunakan jaringan enkripsi Tor.

Pasar memiliki sekitar 17 juta akun pelanggan dan lebih dari 19.000 akun vendor, menurut BKA. "Pasar Hydra mungkin adalah pasar ilegal dengan omzet tertinggi di seluruh dunia" dengan penjualan setidaknya 1,23 miliar euro pada 2020 saja, katanya.

“Bitcoin Bank Mixer” yang disediakan oleh platform itu, layanan untuk menyembunyikan transaksi digital, telah membuat penyelidikan menjadi sangat sulit, tambahnya. Spanduk penyitaan telah diterbitkan di situs web pasar.

Rahasia "darknet" mencakup situs web yang hanya dapat diakses dengan perangkat lunak atau otorisasi tertentu, memastikan anonimitas bagi pengguna.

Jaringan semacam itu telah menghadapi tekanan yang meningkat dari penegakan hukum internasional setelah ledakan penggunaan selama pandemi virus corona.

Serangan polisi yang dipimpin Jerman tahun lalu juga menjatuhkan pasar darknet terkenal DarkMarket, yang memiliki hampir 500.000 pengguna dan lebih dari 2.400 vendor di seluruh dunia. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home