Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:17 WIB | Senin, 16 Agustus 2021

Joe Biden Terkejut pada Kecepatan Taliban Kuasai Afghanistan

Joe Biden Terkejut pada Kecepatan Taliban Kuasai Afghanistan
Helikopter Chinook Amerika Serikat terbang di atas kota Kabul, Afghanistan, hari Minggu (15/8). Pejuang Taliban memasuki pinggiran ibu kota Afghanistan pada hari Minggu, semakin mempererat cengkeraman mereka di negara itu ketika para pekerja yang panik melarikan diri dari kantor-kantor pemerintah dan helikopter mendarat di Kedutaan Besar AS. (Foto: AP/Rahmat Gul)
Joe Biden Terkejut pada Kecepatan Taliban Kuasai Afghanistan
Presiden Joe Biden berbicara dari Ruang Perjanjian di Gedung Putih tentang penarikan sisa pasukan AS dari Afghanistan pada 14 April 2014. (Foto: dok. AP/Andrew Harnik)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Presiden Joe Biden dan pejabat tinggi Amerika Serikat lainnya pada Minggu (15/8) dikejutkan oleh kecepatan pengambilalihan Afghanistan yang hampir sepenuhnya dilakukan oleh Taliban, karena penarikan pasukan Amerika yang direncanakan segera menjadi misi untuk memastikan evakuasi yang aman.

Kecepatan keruntuhan pemerintah Afghanistan dan kekacauan berikutnya merupakan ujian paling serius bagi Biden sebagai panglima tertinggi, dan dia menjadi sasaran kritik pedas dari Partai Republik yang mengatakan bahwa dia telah gagal.

Biden berkampanye sebagai pakar kawakan dalam hubungan internasional dan telah menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk meremehkan prospek kekuasaan Taliban sambil berargumen bahwa orang Amerika dari semua aliran politik telah bosan dengan perang 20 tahun, sebuah konflik yang menunjukkan batas-batas uang dan kekuatan militer untuk memaksa demokrasi gaya Barat pada masyarakat yang tidak siap atau tidak mau menerimanya.

Namun, pada hari Minggu, tokoh-tokoh terkemuka dalam pemerintahan mengakui bahwa mereka lengah dengan kecepatan runtuhnya pasukan keamanan Afghanistan. Tantangan upaya itu menjadi jelas setelah laporan tembakan sporadis di bandar udara Kabul mendorong orang Amerika untuk berlindung saat mereka menunggu penerbangan ke tempat yang aman setelah Kedutaan Besar AS dievakuasi sepenuhnya.

“Kami telah melihat bahwa pasukan itu tidak mampu mempertahankan negara, dan itu terjadi lebih cepat dari yang kami perkirakan,” kata Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, kepada CNN, merujuk pada militer Afghanistan.

Gejolak di Afghanistan mengatur ulang fokus dengan cara yang tidak diinginkan bagi seorang presiden yang sebagian besar berfokus pada agenda domestik yang mencakup keluar dari pandemi, memenangkan persetujuan kongres untuk triliunan dolar dalam pengeluaran infrastruktur dan melindungi hak suara.

1.000 Pasukan untuk Evakuasi

Biden tetap berada di Camp David pada hari Minggu, menerima pengarahan rutin tentang Afghanistan dan mengadakan panggilan konferensi video yang aman dengan anggota tim keamanan nasionalnya, menurut pejabat senior Gedung Putih.

Pemerintahannya merilis satu foto presiden sendirian di ruang konferensi yang bertemu secara virtual dengan pakar militer, diplomatik, dan intelijen. Beberapa hari ke depan akan sangat penting dalam menentukan apakah AS dapat memperoleh kembali beberapa tingkat kendali atas situasi tersebut.

Pentagon dan Departemen Luar Negeri mengatakan dalam sebuah pernyataan bersama hari Minggu bahwa “kami sedang menyelesaikan serangkaian langkah untuk mengamankan Bandara Internasional Hamid Karzai untuk memungkinkan keberangkatan yang aman dari personel AS dan sekutu dari Afghanistan melalui penerbangan sipil dan militer.” Biden memerintahkan 1.000 tentara lagi ke Kabul untuk mengamankan evakuasi.

Diskusi sedang berlangsung agar Biden berbicara di depan umum, menurut dua pejabat senior pemerintah yang meminta anonimitas untuk membahas percakapan internal. Biden, yang dijadwalkan untuk tetap berada di rumah retret presiden hingga Rabu, diperkirakan akan kembali ke Gedung Putih jika dia memutuskan untuk menyampaikan pidato.

Biden adalah presiden AS keempat yang menghadapi tantangan di Afghanistan dan bersikeras dia tidak akan menyerahkan perang terpanjang Amerika kepada penggantinya. Tetapi presiden kemungkinan harus menjelaskan bagaimana keamanan di Afghanistan terurai begitu cepat, terutama karena dia dan orang lain dalam pemerintahan bersikeras itu tidak akan terjadi.

“Juri masih keluar, tetapi kemungkinan Taliban akan menguasai segalanya dan memiliki seluruh negara sangat tidak mungkin,” kata Biden pada 8 Juli.

Pekan lalu, Biden secara terbuka menyatakan harapan bahwa pasukan Afghanistan dapat mengembangkan keinginan untuk membela negara mereka. Tetapi secara pribadi, pejabat pemerintah memperingatkan bahwa militer sedang runtuh, mendorong Biden pada hari Kamis untuk memerintahkan ribuan tentara Amerika ke wilayah tersebut untuk mempercepat rencana evakuasi.

Seorang pejabat mengatakan Biden lebih optimis tentang proyeksi para pejuang Afghanistan untuk menahan Taliban, namun sebagian untuk mencegah erosi lebih lanjut dalam moral di antara pasukan mereka. Itu akhirnya sia-sia.

Presiden Barack Obama dan Donald Trump juga ingin meninggalkan Afghanistan, tetapi akhirnya mundur karena menghadapi perlawanan dari para pemimpin militer dan masalah politik lainnya. Biden, di sisi lain, telah teguh dalam penolakannya untuk mengubah tenggat waktu 31 Agustus, sebagian karena keyakinannya bahwa publik Amerika ada di pihaknya.

Potensi Ancaman Teroris

Jajak pendapat ABC News/Ipsos akhir Juli, misalnya, menunjukkan 55% orang Amerika menyetujui penanganan Biden atas penarikan pasukan.

Sebagian besar Partai Republik tidak mendorong Biden untuk mempertahankan pasukan di Afghanistan dalam jangka panjang dan mereka juga mendukung dorongan Trump sendiri untuk keluar dari negara itu.

Namun, beberapa meningkatkan kritik mereka terhadap strategi penarikan Biden dan mengatakan gambar dari helikopter Amerika pada hari Minggu yang mengelilingi Kedutaan Besar AS di Kabul membangkitkan ingatan kepergian personel AS yang memalukan dari Vietnam.

Pemimpin Partai Republik di Senat, Mitch McConnell, menganggap adegan penarikan diri sebagai "rasa malu negara adidaya telah diredam."

Sementara itu, pejabat AS semakin mengkhawatirkan potensi meningkatnya ancaman teroris terhadap AS saat situasi di Afghanistan berubah, menurut seseorang yang mengetahui masalah tersebut yang meminta anonimitas untuk membahas masalah keamanan yang sensitif.

Jenderal Mark Milley, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan kepada para senator pada panggilan pengarahan hari Minggu bahwa para pejabat AS diperkirakan akan mengubah penilaian mereka sebelumnya tentang laju kelompok-kelompok teroris yang terbentuk kembali di Afghanistan, kata orang itu. Berdasarkan situasi yang berkembang, para pejabat percaya kelompok teror seperti Al-Qaeda mungkin dapat tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home