Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 18:21 WIB | Kamis, 28 November 2013

Jokowi: 19.000 Keluarga di Permukiman Kumuh akan Dipindahkan

Rumah susun di Jakarta untuk mengatasi padatnya penduduk di ibu kota. (Foto: dok.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengatakan, sekitar 19 ribu keluarga akan dipindahkan dari permukiman kumuh seiring dibangunnya 200 blok rumah susun di ibu kota pada tahun depan.

"Tahun depan dengan dibangunnya 200 blok rusun maka akan pindahkan 19 ribu KK, yaitu dipindahkan 1 RW atau 1 kampung. Saat ini kampung kumuh di Jakarta ada 360 titik yang tersebar di berbagai wilayah ibu kota," katas Joko Widodo dalam Rembuk Provinsi DKI, di Jakarta, Kamis (28/11).

Menurut dia, sekitar 2.600 keluarga dipindahkan dari kampung kumuh yang saat ini menempati rumah susun Marunda maupun Pinus Elok.

"Karena lahan di DKI terbatas, maka tidak ada pilihan selain vertical housing atau membangun ke atas," kata dia.

Dia mengatakan, lahan yang ditinggalkan nantinya akan menjadi ruangan publik yang dilengkapi dengan taman kota maupun fasilitas lainnya. "Sehingga menambah persentase ruang terbuka hijau di Jakarta," kata dia.

Terkait penanggulangan banjir di Jakarta, Pemprov terus mengupayakan normalisasi sungai dan waduk, serta membuat sumur resapan yang dalamnya sekitar 60 meter.

"Hampir semua titik sumur resapan memang mengganggu tapi kalau sudah jadi maka akan sangat membantu untuk mengurangi banjir," kata dia. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home