Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Kartika Virgianti 23:32 WIB | Jumat, 01 November 2013

Jokowi Resmikan Pembangunan Rusunawa Tambora

Jokowi Resmikan Pembangunan Rusunawa Tambora
Banyak warga terutama ibu-ibu yang berebut ingin bersalaman dengan Jokowi, saat meresmikan Groundbreaking Rusunawa Tambora. (Foto: antaranews)
Jokowi Resmikan Pembangunan Rusunawa Tambora
Rencana revitalisasi proyek Rusunawa Tambora.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Penataan pemukiman perumahan di kota Jakarta yang semakin terbatas lahannya, membuat Pemprov DKI Jakarta mulai membangun Rusunawa (rumah susun sewa) di Kelurahan Angke Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Groundbreaking Rusunawa Tambora diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo pada Jumat pagi (1/11). Menurut Jokowi, nantinya perumahan di Jakarta akan dibuat ke atas semuanya. Hal ini karena keterbatasan lahan.

"Ya memang kita remajakan karena rusun yang kemarin sudah hampir 30 tahun sehingga memang perlu diremajakan dan dinaikkan (jumlah lantainya)."

Rusunawa Tambora yang akan direvitalisasi awalnya ada empat tower enam lantai dengan 488 unit. Saat ini bangunan tersebut sudah dihancurkan dan akan mulai dibangun tower yang baru. Rusunawa Tambora akan dibangun tiga tower 16 lantai dengan 546 unit. Mengenai biaya sewanya, menurut beberapa warga di sana, tipe 18 seharga Rp. 250.000, tipe 30 seharga Rp. 500.000 per bulan.

"Prioritas yang tinggal di sini adalah warga lama sekitar sini, terutama yang di kawasan-kawasan padat, mungkin nanti sebagian akan kita buka untuk penghuni baru," kata Jokowi menjelaskan.

Pembangunannya sendiri diperkirakan 11 bulan akan rampung, yakni September 2014. Dia juga mengungkapkan anggarannya sebesar 174 milliar.

Nantinya, bagi warga lama yang akan menempati tower baru, Jokowi mengatakan akan ada edukasi baru, misalnya bagaimana cara menggunakan lift. "Karena biasanya kalau pertama kali seperti ini, lift-nya dipakai anak-anak turun naik, lalu sebulan dua bulan sudah rusak, diperbaiki lagi.

Pihaknya berharap supaya nantinya masyarakat mempunyai kepedulian, terbiasa, dan dengan program Rusunawa ini, Jakarta bisa mendapatkan ruang terbuka hijau yang lebih luas lagi.

Selama masa revitalisasi Rusunawa ini, warga direlokasi. Kebanyakan dari mereka saat ini menyewa di Rusunawa sisi kanan dan sisi kiri yang saat ini masih berdiri tower dengan bangunan lama, ada sekitar empat dan tiga tower.

 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home