Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 15:27 WIB | Jumat, 08 Januari 2016

Jokowi akan Penuhi Undangan Putin ke Rusia Mei Mendatang

Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin, di sela-sela KTT APEC, di Beijing, Senin, 10 November 2015 (Foto: Sekretariat Presiden)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, akan memenuhi undangan Presiden Republik Indonesia, Vladimir Putin, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Association of Southeast Asian Nations (Asean)-Rusia di Kota Sochi, Rusia, bulan Mei 2016 mendatang.

Undangan dari agar Presiden Jokowi menghadiri KTT Asean-Rusia pada bulan Mei mendatang dikirimkan Presiden Putin lewat Menteri Perindsutrian dan Perdagangan Rusia, Denis Manturov, yang menyambangi Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, hari Jumat (8/1).

"Presiden mengatakan saya akan datang, dan juga sekaligus saya ingin menggunakan untuk kunjungan bilateral," ujar Retno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, hari Jumat (8/1/).

Selain undangan, Retno mengatakan surat tersebut mengenai mempererat kerja sama Indonesia dengan Rusia di bidang ekonomi dan pariwisata.

"Dari kami sudah memperjuangkan non-tariff barrier untuk CPO dan juga untuk produk perikanan. Dan juga kami ingin meningkatkan pariwisata karena wisatawan Rusia memiliki potensi yang sangt tinggi untuk masuk ke Indonesia," kata Retno.

Dia pun menegaskan surat yang dikirim Putin tidak membicarakan kondisi politik global yang terjadi saat ini. Menurut dia, Indonesia dan Rusia hanya ingin meningkatkan kerja sama di bidang ekonomi.

"Kita tidak bicara politik secara detail, hanya politik secara general bahwa hubungan kita baik. Kita ingin meningkatkan kerjasama ekonomi," ujar Retno.

“Murni ekonomi. Karena yang membawakan juga kan Menteri Perdagangan dan Industri. Suratnya saya sudah baca juga, semuanya terkait dengan masalah ekonomi," dia menambahkan.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home